MOBIL MURAH KIAN MAHAL


Mobil Murah Kian Mahal

Low Cost Green Car (LCGC) adalah mobil ramah lingkungan yang sekarang ini menjadi trend di perkotaan. Pemerintah memberikan subsidi sehingga mobil LCGC dapat dijual dengan harga yang lebih terjangkau. Berdasarkan Permenperin No 33/MIND/PER/7/2013 tentang Pengembangan Produksi Kendaraan Bermotor Roda Empat yang Hemat Energi dan Harga Terjangkau besaran harga jual mobil LGCC sebelum pajak daerah, bea balik nama (BBN) dan pajak kendaraan bermotor (PKB) setinggi-tingginya Rp 95 juta. Dengan adanya program ini, penjualan mobil di segmen kelas menengah ini terus melesat. Menurut data Gaikindo, total penjualan mobil LGCC pada periode Januari-November 2016 sudah menguasai pangsa pasar sebesar 22% dari total pasar 974.972 unit. Dengan harga mobil kisaran Rp100 juta, wajar saja pasar kelas menengah membesar dengan cepat sehingga pada tahun lalu Agen Pemegang Pasar (APM) Toyota Astra dan Astra Daihatsu Motor menambah investasi sebesar Rp1.1 triliun. Namun, memasuki 2017 harga mobil LCGC makin menderu. Dari banyaknya mobil LCGC yang beredar, hanya 1 varian yang dibanderol Rp95 juta. Padahal, penggunaan komponen dalam negeri sebagai syarat utama pemberian insentif LCGC, semestinya dapat menekan ongkos produksi agar harganya tidak semakin liar.

Peraturan Menteri Perindustrian itu memang memperbolehkan produsen menaikkan harga jual setiap tahun. Produsen bisa menyesuaikan harga dengan acuan pada indikator ekonomi yang dicerminkan dengan besaran inflasi, nilai tukar rupiah, bahan baku, penggunaan transmisi otomatis, atau menggunakan teknologi pengaman penumpang. Hanya saja, pemerintah tidak membatasi sejauh mana kenaikan itu bisa dilakukan oleh produsen. Hasilnya, mayoritas pemain di segmen ini selalu menaikkan harga jual yang diluar faktor bea balik nama setiap tahunnya, Penyesuaian harga untuk mobil LCGC yang menggunakan transimis otomatis maksimal sebesar 15% dan untuk varian yang menggunakan teknologi pengaman penumpang maksimal 10%.

RaksaOnline.com menawarkan kemudahan dalam asuransi mobil. Anda dapat menghitung besaran premi Anda pada fitur simulasi premi kami. Dapatkan beragam penawaran menarik dengan fasilitas dan layanan yang profesional. Info lebih lanjut, hubungi via telepon 021 3859007-8 ext 2701 atau Whatsapp 0857 76 600 600 . RaksaOnline.com Anytime Anywhere With Our Smile.

 

Sumber:

koran Bisnis Indonesia edisi 7 Februari 2017

http://www.kinibiz.com