TOYOTA KENALKAN DRIVERLESS CAR YANG DILENGKAPI DENGAN SIRI


Toyota Kenalkan Driverless Car yang dilengkapi dengan SIRI

 Sejumlah produsen otomotif mulai mengembangkan kendaraan masa depan, yaitu mobil otonom alias mobil tanpa sopir. Produsen mobil asal Jepang, Toyota, memperlihatkan mobil tanpa sopir pertamanya yang dikembangkan oleh Toyota Research Institute (TRI). 

Diperkenalkan dalam gelaran Prius Challenge, Sonoma, California, teknologi otonom itu dibangun pada mobil hybrid Lexus LS600hl. Mobil itu disebut dirancang lebih fleksibel dan memiliki fitur drive by wire yang lebih kuat. 

Dilansir AutoguideSenin, 6 Maret 2017, mobil otonom Toyota berbekal fitur sistem LIDAR atau radar dan sensor kamera sehingga tidak bergantung pada kebutuhan peta yang canggih. LIDAR juga bisa digunakan untuk mengetahui daerah yang belum terpetakan, sehingga mobil berjalan secara otomatis. 

Tak seperti kendaraan otonom pada umumnya, Toyota tidak sepenuhnya mengandalkan sistem automasi. Pabrikan itu tetap memberikan kepercayaan pada sopir dengan fitur Guardian Systems. 

Guardian Systems adalah sopir tingkat tinggi membantu sistem yang secara konstan memonitor lingkungan mengemudi dalam dan di luar kendaraan. Tujuannya untuk selalu siap mengingatkan pengemudi dari potensi bahaya dan membantu menghindari terjadinya kecelakaan. 

"Pada dasarnya ini adalah kendaraan pintar yang dirancang lebih cerdas dari waktu ke waktu. Mobil ini akan belajar kebiasaan pengemudi. Kami percaya Guardian Systems dapat digunakan lebih cepat dan lebih luas dari jangkauan sopir," kata CEO TRI Gill Pratt. 

Untuk membantu pengendara Toyota merancang sistem agen Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan yang diberi nama Yui. Yui mempunyai konsep yang sama seperti Siri di perangkat iPhone. Yui sendiri dirancang untuk berkomunikasi lintas budaya ke khalayak global. Yui ditempatkan di dashboard bersama dengan display lebar, lampu yang lebih berwarna, memiliki proyektor dan teknlogi lainnya untuk bisa memberikan informasi kepada pengemudi.

Selanjutnya dikatakan menurut Wikipedia, Yui diambil dari bahasa Jepang yang artinya ‘berpikir, mempertimbangkan, mencerminkan untuk mendukung’.

Toyota menyematkan Yui di dalam sebuah layar yang diletakkan di bagian dashboard mobil. Pengemudi dan penumpang bisa berinteraksi secara langsung dengan Yui dengan perintah suara, sebagaimana cara kerja asisten digital pada ponsel umumnya. Selain di dashboard mobil, Yui juga dibenamkan di panel-panel pintu eksterior yang berguna menyambut pengemudi dan penumpang. Yui muncul di panel pintu untuk menyambut pengemudi dan penumpang ketika mereka mendekati kendaraan. Canggihnya, Yui bisa menyesuaikan permintaan bahasa yang diinginkan si pengguna.

Pada bagian belakang kendaraan akan memberikan pesan atau memperingatkan jika ada potensi berbahaya. Dan bagian depan kendaraan berkomunikasi apakah Concept-i dalam drive otomatis atau manual. Bagian eksterior kendaraan dirancang untuk memungkinkan Concept-i untuk terlibat dengan lingkungan sekitar.

Saat ini masih belum ada informasi lebih lanjut kapan Toyota Concept-i dijual di pasaran.

 

 

Sumber: viva.co.id , auto2000.co.id , cnnindonesia.com