TIPS MEMBELI MOBIL BEKAS UNTUK LEBARAN


Tips Membeli Mobil Bekas Untuk Lebaran

Bulan Ramadhan akan segera datang, itu artinya waktunya mudik pun sebentar lagi. Biasanya saat-saat ini adalah waktu yang tepat untuk membeli kendaraan untuk mudik. Tidak semua membeli mobil baru dari dealer, tetapi sebagian orang memilih untuk membeli mobil second mungkin karena lebih terjangkau. Membeli mobil bekas / second bukan pilihan yang buruk asalkan kita bisa memilih dengan bijak mobil yang berkualitas. Untuk memilih mobil second, kita harus lebih teliti agar tidak tertipu. Berikut ini adalah beberapa tips dan trik dalam memilih mobil second:

1. Penjual

Sekarang ini banyak dealer, showroom dan perantara lainnya yang menjual mobil bekas. Tetapi alangkah baiknya jika kita melakukan pembelian dari tangan pertama, atau dari si pemilik mobilnya. Dengan begini, pastinya akan lebih menghemat biaya. Karena jika melalui perantara pastinya akan dikenakan biaya komisi dan mark up harga. Lebih baik lagi jika Anda membeli dari penjual yang dikenal, sehingga lebih terpercaya dan juga bisa lebih tahu perawatan rutinnya

2. Eksterior dan Interior

Bagian Body luar mobil adalah yang paling umum dan mudah untuk dicek. Pengecekan biasanya melihat apakah ada baret, penyok karat, dan lainnya. Lampu juga harus dicek apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak, bagaimana kondisi cat nya apakah masih bagus atau sudah pudar ataupun terdapat karat. Perhatikan juga kaca, apakah ada yang retak atau tidak, lalu bagaimana keadaan keempat ban nya. Selain itu dilihat juga bagian kolong, apakah ada yang keropos. Jika bagian luar sudah dicek, penting juga mengecek bagian dalam atau interior mobil. Bagaimana keadaan jok nya apakah bisa dimaju mundurkan, lalu apa saja aksesoris yang dipasang. Lalu dicek juga radio/ CD Player, lampu sein, lampu hazard, lampu depan, lampu belakang, lampu tembak dan fasilitas lainnya. Lalu cek juga wiper dan tombol kaca apakah bisa dinaik turunkan dengan lancar.

3. Kelengkapan surat-surat

Dokumen resmi seperti BPKB dan STNK sangat penting. Anda harus memastikan apakah surat-surat tersebut asli atau tidak. Karena sekarang ini banyak terjadi pemalsuan STNK dan BPKB agar mobil curian bisa dijual dengan harga tinggi. Surat-surat ini sangat penting ketika Anda ingin melakukan balik nama

4. Cek Mesin

Performa mesin juga penting ketika membeli mobil bekas. Pertama, cek lah angka kilometer. Dengan meilhat angka kilometer, Anda bisa tahu mobil ini sudah berapa jauh menempuh perjalanan. Lalu coba lah untuk starter mobil, dengarkan apakah bunyi mesin nya masih halus atau tidak. Cek juga kondisi mobil saat berjalan dengan melakukan test drive. Apakah roda dan setir masih mantap dikendarai atau sudah agak berat atau berbelok-belok.

5. Asuransi

Tanyakan kepada penjual apakah mobil sudah dilindungi asuransi atau belum, dan jika sudah minta lah data polis asuransi nya agar Anda bisa menghubungi perusahaan asuransi untuk memproses balik nama.