PENTINGNYA SEAT BELT BAGI KESELAMATAN


Pentingnya Seat Belt bagi Keselamatan

Seat Belt adalah salah satu fitur standar keselamatan yang ada pada kendaraan. Secanggih apapun kendaraannya jika tidak memakai seat belt akibatnya akan sama, yaitu membahayakan keselamatan para pengguna kendaraan. Sayangnya, pentingnya memakai seat belt saat berkendara sering kali dilupakan oleh pengendara itu sendiri.

 

Umumnya, seat belt hanya dikenakan oleh para penumpang bagian depan saja padahal keselamatan penumpang bagian belakang juga harus diutamakan. Jika terjadi kecelakaan atau benturan keras, seat belt menjaga penumpang agar tidak terlempar keluar atau terbentur dengan bagian kendaraan didekatnya. Sudah banyak berita di media tentang korban yang berjatuhan karena korban tidak menggunakan seat belt saat berkendara. Sayangnya tidak semua pengendara peduli akan hal ini.

 

Kewajiban pengguna kendaraan sudah diatur dalam Keputusan menteri Perhubungan No. 85 Tahun 2002 yang mewajibkan pengguna kendaraan memakai sabuk pengaman (seat belt). Kewajiban tersebut sebenarnya sudah mulai diterapkan sejak 5 November 2003. Tetapi tetap saja banyak pengguna kendaraan roda empat yang melalaikan hal tersebut.

 

Perlu diingat lagi bahwa seat belt bukan merupakan aksesoris kendaraan saja tapi seat belt merupakan standar keselamatan untuk penumpang sehingga fitur keselamatan tersebut wajib kita gunakan bukan hanya penumpang bagian depan saja tetapi juga untuk seluruh penumpang. Jangan pernah sekali – kali meremehkan fungsi seat belt pada kendaraan Anda. Dalam perjalanan jauh khususnya, pastikan semua penumpang mengenakan seat belt. Jadilah pengendara yang bijak dan peduli keselamatan!

 

 

Referensi:

http://mobilkomersial.com

http://ayoselamat.org