KENALI FUNGSI AIR BAGS UNTUK KESELAMATAN PENGENDARA


Kenali Fungsi Air Bags untuk Keselamatan Pengendara

Air bags adalah salah satu fitur keselamatan yang ada pada mobil Anda. Fitur ini merupakan komponen yang sangat penting dari kendaraan, karena fungsi dari air bags adalah untuk melindungi pengendara dari benturan keras yang disebabkan oleh kecelakaan. Air bags dapat melindungi bagian kepala, leher, dan dada pengendara.

 

Peletakan air bags dimobil berada di roda kemudi dan dashboard mobil. Biasanya, air bags akan mengembang jika terjadi benturan keras yang melebihi ambang batas yang ditentukan. Walaupun begitu, air bags saja tidak cukup, pengemudi, dan penumpang harus tetap tetap mengenakan sabuk perngaman karena air bags tidak berfungsi mencegah pengemudi terlempar dari mobil.

 

Tidak semua jenis tabrakan atau benturan dapat mengembangkan air bags. Ada beberapa kondisi dimana air bags tidak mengembang, yaitu:

- Tabrakan depan berkecepatan rendah

- Tabrakan yang terjadi dari samping dan belakang

- Kendaran terguling

 

Pada dasarnya prinsip kerja air bags adalah ketika mobil mendeteksi bentukan atau tabrakan, sensor akan mengirimkan sinyal ke modul kontrol yang membuat air bags akan mengembang. Sensor kecelakan terdiri dari berbagai jenis. Model yang lama ditempatkan di bagian depan mobil, sedangkan pada model baru ditempatkan langsung pada modul air bags.

 

Sensor berfungsi sebagai pengukur kecepatan dan tingkat keparahan benturan. Ada juga sensor yang ditempatkan di bagian pintu untuk memngaktifkan air bags pada samping mobil. Air bags pada bagian dashboard depan mobil dan pada kemudi akan mengembang dalam area 30 derajat dari arah depan mobil.

 

Jadi, bagaimana? Air bags sangat penting untuk keselamatan kita kan! :)

 

 

Referensi:

otomotif.kompas.com

amazine.co

 

Picture courtesy:

otomotif.kompas.com