BATIK DAN FAKTA YANG ADA DIBALIKNYA


Batik dan Fakta yang Ada Dibaliknya

Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang secara resmi sudah ditetapkan oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009. Batik juga merupakan salah satu karya seni yang diminati dari berbagai kalangan.

Ada beberapa motif batik dari berbagai macam daerah yang namanya sudah dikenal bahkan ke mancanegara. Batik-batik tersebut terkenal karena motif yang unik dan cara pembuatan yang sulit sehingga membuat batik tersebut menjadi spesial.

Setiap daerah di Indonesia juga mempunyai jenis motif batik dari daerah mereka sendiri. Contohnya ada Batik Mega Mendung dari Cirebon, Motif Batik Kamaro dari Papua, motif Batik Sidomukti dari Solo dan masih banyak lagi.

Ada berbagai macam fakta tentang batik yang perlu kita ketahui. Karena memang batik adalah warisan budaya Indonesia, sudah selayaknya kita tahu informasi menarik dari batik itu sendiri.

 

1. Sejarah dan Teknik Pembuatan Batik

Kata batik berasal dari bahasa Jawa dan merupakan gabungan dari dua kata yaitu ‘amba’ artinya menulis dan ‘titik’ yang berarti titik. Jadi makna dari batik adalah menulis titik-titik di atas kain. Untuk teknik pembuatan batik itu sendiri terbagi menjadi 4 teknik yaitu: teknik canting tulis, teknik celup ikat, teknik printing, teknik cap, dan teknik colet.

 

2. Batik Merupakan Mata Pencaharian Wanita Zaman Dulu

Batik adalah kerajinan yang memiliki daya nilai seni yang sangat tinggi dan telah menjadi bagian dari Indonesia sejak dahulu kala. Perempuan Jawa zaman dahulu menjadikan keterampilan membatik sebagai matra pencaharian. Sehingga membatik adalah pekerjaan yang tergolong eksklusif pada zaman dahulu.

 

3. Pengenalan Batik Pertama Kali

Ternyata batik perkama kali dikenalkan ke dunia oleh Presiden kedua kita yaitu Bapak Soeharto. Beliau mengenakan pakaian batik pada saat Konferensi PBB.

Tentunya kita harus bangga mempuyai warisan budaya yang diakui tak hanya di dalam negeri tetapi juga di luar negeri. Sudah selayaknya kita melestarikan budaya tersebut agar tidak terkonfrontasi oleh negara lain. Bangga menjadi warga Indonesia!

 

Referensi

awas-aja.com

isi-dps.ac.id