KETAHUI BAHAYA MENGENDARAI MOBIL TERLALU LAMA


Ketahui Bahaya Mengendarai Mobil Terlalu Lama

Bagi orang yang sering menyetir mobil atau bahkan pekerjaannya adalah menyetir mobil seperti driver pribadi atau driver online, menyetir mobil mungkin jadi hal yang biasa karena setiap hari dilakukan. Kebiasaan sehari-hari yang selalu dilakukan tersebut terkadang membuat kita tidak sadar ada efek negatif yang diitimbulkan, apalagi jika dilakukan terus menerus lebih dari 2 jam. Apa saja efek negatifnya?

Keluhan yang sering terjadi adalah nyeri atau pegal ditubuh. Seperti sakit punggung, nyeri di leher dan bahu, adanya ketegangan pada paha dan berbagai macam pegal di bagian lainnya. Hal tersebut terjadi karena terlalu lama duduk dengan postur tubuh yang salah.

Terlalu sering berkendara di mobil, tidak berarti terhindar dari paparan asap kendaraan lain yang masuk ke mobil Anda. Asap kendaraan memuat banyak bahan kimia yang bisa mengganggu pernapasan Anda.

Bahkan, peneliti menemukan bahwa mengemudi lebih dari satu jam per hari bisa menambah bobot tubuh 2,3 kg lebih berat dari mereka yang hanya menghabiskan kurang dari 15 menit di dalam mobil setiap harinya seperti dikutip dari Thesun oleh Liputan6.

Efek-efek negatif tersebut dapat kita hindari dengan mulai menyesuaikan tempat duduk dan postur tubuh, posisi paha harus nyaman yang didukung oleh kursi serta lutut harus sedikit membungkuk. Dan tak lupa untuk mencoba istirahat singkat setiap perjalanan 2 jam, keluar dari mobil dan lakukan peregangan pada seluruh tubuh terutama punggung dan tangan.

Nah, itulah efek-efek negatif yang dapat timbul dari mengendarai mobil terlalu lama dan tips kecil untuk mencegah efek tersebut. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan tubuh kita sendiri! :)

 

Referensi

health.detik.com

health.liputan6.com

merdeka.com