SUMPAH PEMUDA DAN NILAI-NILAI YANG MULAI MEMUDAR


Sumpah Pemuda dan Nilai-nilai yang Mulai Memudar

Beberapa hari lagi, bangsa Indonesia akan memperingati hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober. Sumpah Pemuda merupakan tonggak awal lahirnya bangsa Indonesia dan merupakan alat pemersatu bangsa. Para pemuda, 89 tahun yang lalu, berjuang mempertaruhkan jiwa raganya untuk mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia yang saat itu sedang tertindas oleh penjajahan yang berlangsung selama ratusan tahun.

Keinginan untuk merdeka saat itu sangatlah kuat, apalagi di kalangan para pemuda. Karena itulah mereka kemudian bersatu dalam tumpah darah yang satu, bangsa yang satu, dan bahasa yang satu, dimana sampai sekarang disebut dengan Sumpah Pemuda.

Sumpah Pemuda seharusnya mengingatkan kita akan peristiwa penting sejarah tentang bagaimana para pemuda saat itu sedang memperjuangkan kemerdekaan yang sangat sulit diraih. Tapi makna mendalam yang ada di dalam peringatan Sumpah Pemuda itu sendiri seakan memudar, apalagi di kalangan pelajar. Sumpah Pemuda hanyalah satu hari yang akan terlewatkan begitu saja.

Perkembangan zaman diharapkan selalu memberikan dampak positif, tetapi seperti sebuah koin, perkembangan memiliki dua sisi yang berbeda. Perkembangan juga memiliki dampak negatif yang mengikutinya. Sehingga apa yang dipikirkan hanyalah tentang masa depan. Padahal, para pelajar dan kalangan muda perlu sesekali melihat ke belakang agar tidak melupakan jati diri yaitu sebagai warga negara Indonesia.

Disamping perilaku negatif generasi penerus bangsa seperti tawuran atau penyalahgunaan narkoba yang terjadi dimana-mana, banyak hal positif yang sebenarnya bisa dilakukan. Seperti mengikuti upacara bendera dan hari besar nasional atau dengan menggunakan produk-produk dalam negeri, kita sudah menghargai kerja keras kaum muda yang memperjuangkan kemerdekaan pada masa lalu.

Pada hari peringatan Sumpah Pemuda yang ke-89 nanti, sebagai generasi muda penerus bangsa, diharapkan mampu meningkatkan rasa nasionalisme, dan partisipasi dalam mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan. Sehingga para generasi muda dapat membawa bangsa ini menuju Indonesia yang lebih baik.


Referensi

kartika-ratri.blogspot.co.id

guruppkn.com