TANDA AKI MOBIL WAJIB DIGANTI


Tanda Aki Mobil Wajib Diganti

Apakah Anda pernah mengalami kejadian menghidupkan mobil tapi mobil tidak menyala? Bisa itu tanda aki mobil Anda harus diganti. Lalu, kapan saatnya kita mengganti aki mobil? Mungkin artikel ini dapat membantu Anda menemukan jawabannya.

Hal yang dapat dideteksi bahwa aki mobil harus diganti adalah ketika Anda tidak bisa menstater mobil Anda setelah semalaman dibiarkan, maka bisa berarti aki mobil wajib diganti. Dengan catatan, air aki pada level max dan low tidak kurang dari itu. Jika Anda sudah berusaha untuk men-charge dan mendorong mobil tapi tetap bermasalah seperti sebelumnya maka dapat dipastikan aki Anda sudah usang.

Umur aki ternyata juga menjadi faktor penting kapan Anda harus mengganti aki mobil. Biasanya umur aki bertahan sampai 16 bulan atau dengan jarak tempuh sampai 50.000. Setiap bengkel mobil selalu mencantumkan tanggal kapan beli agar tetap mudah untuk mengecek umur dari aki yang dipakai.

Tanda lain aki akan rusak, diantaranya juga bisa diketahui dari nyala mobil atau klakson. Jika nyala lampu mobil tidak seterang biasanya dan bunyi klakson tidak senyaring biasanya, bisa berarti aki mobil Anda juga harus wajib diganti.

Kita juga harus memastikan lampu indikator yang terdapat pada aki mobil. Jika pada indikator aki mobil terlihat merah maka aki memang sudah rusak, jika warna putih aki butuh di charge dan jika bertanda biru maka aki dalam kondisi prima.

Itulah beberapa cara yang dapat membantu kita untuk mengetahui kapan aki mobil wajib diganti. Jika Anda lupa untuk mengganti aki mobil Anda dan mobil Anda mogok dijalan, jangan khawatir! Untuk wilayah JABODETABEK ada fasilitas Derek 24 jam dari Raksa yang siap untuk membantu Anda kapanpun dan dimanpun Anda berada! Hubungi Hotline 24 jam (021-7226865).

 

Referensi

megapolitan.kompas.com

otosite.net