YAKIN SUDAH MEMEGANG KEMUDI SETIR DENGAN BENAR?


Yakin sudah memegang kemudi setir dengan benar?

Mengemudi memang sudah seperti menjadi kewajiban apalagi di kalangan para pekerja. Tapi apakah kita sudah memegang kemudi dengan baik dan benar? Ternyata memegang kemudi juga mempengaruhi kenyamanan dan keamanan dalam berkendara.

Hampir semua mobil saat ini telah dilengkapi dengan fitur airbag, khusus untuk bagian pengemudi terletak di bagian tengah lingkar kemudi. Menurut Direktur SDCI Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, memegang setir yang benar adalah sejajar. Bila diibaratkan menggunakan angka pada jam, posisi tangan berada di angka 9 dan 3.

Teknik memegang setir yang benar disarankan adalah seperti arah jam 9 dan jam 3. Posisi tangan kiri berada di arah jam 9 sementara tangan kanan di arah jam 3. Posisi tersebut dianggap yang paling fleksibel dibanding posisi arah jam 10 dan jam 2. Posisi jam 10 dan jam 2 tak lagi disarankan karena bisa berbahaya bagi pengendara yang memiliki setir mobil berukuran kecil dilengkapi dengan airbag. Posisi jam 9 dan jam 3 menjaga tangan si pengendara agar tetap pada posisi yang benar dan mudah untuk mengendalikan setir.

Tidak hanya itu, posisi saat mengemudi juga berpengaruh pada kenyamanan dan keamanan. Beri jarak sekitar 30 sentimeter antara kemudi dengan dada. Karena saat terjadi benturan, dalam waktu dua detik airbag akan mengembang dan berjarak antara 22-25 cm. Pastikan posisi tangan membentuk sudut karena bisa berfungi sebagai shockbreaker, untuk mencegah tangan patah/terluka.

Perlu Anda perhatikan juga bahwa sebaiknya tidak meletakkan barang-barang di dashboard karena untuk mengambil barang-barang tersebut, tangan akan masuk ke dalam roda kemudi.  Hal tersebut sangat berbahaya terutama ketika tangan Anda sedang masuk ke dalam roda kemudi dan di saat yang bersamaan harus membelokkan mobil.

Walaupun hal-hal tersebut terlihat sering dilupakan, tapi ada baiknya kita sering-sering mengingatkan diri sendiri dan orang lain tentang bagaimana mengemudi yang baik dan benar agar kita dapat berkendara dengan nyaman dan aman!

 

Referensi

news.metrotvnews.com

grahatoyota.com

oto.detik.com