PAHLAWAN TAK HARUS BERSENJATA, MEREKA ADA DI SEKITAR KITA!


Pahlawan Tak Harus Bersenjata, Mereka ada di sekitar kita!

Hari ini adalah Hari Pahlawan. Pasti banyak dari kita tahu tentang pahlawan-pahlawan nasional yang berjuang untuk meraih kemerdekaan. Dan dengan diadakannya kuis Raksa Online di instagram, kita juga tahu tentang pahlawan yang berjuang namun tak banyak diceritakan dalam sejarah.

Pahlawan yang kita tahu, hidup di zaman dulu dan bertempur demi meraih kemerdekaan. Mereka juga berperang melawan penjajah dengan senjata. Namun tidakkah kalian tahu bahwa pahlawan tidak hanya ada di zaman dulu tapi juga masih ada sampai sekarang. Bedanya, mereka tidak bersenjata dan mereka ada di sekitar kita. Penasaran siapa mereka?

 

1. Petani

Meskipun sering terlupakan, sesungguhnya jasa petani sangat besar untuk kita terlebih dalam bagian pangan. Mereka melakukan pengelolaan tanah dengan tujuan untuk menumbuhkan dan tanaman (seperti padi, bungabuah dan lain lain), dengan harapan untuk memperoleh hasil dari tanaman tersebut untuk digunakan sendiri ataupun menjualnya kepada orang lain. Kita tidak akan memakan nasi yang menjadi makanan kita sehari-hari tanpa ada jasa petani.

 

2. Guru

Sudah pasti kita tahu bahwa “pahlawan tanpa tanda jasa” adalah guru. Dengan sabar mereka mengajari kita dari nol dan dengan pengajaran mereka, kita mendapat ilmu pengetahuan yang membantu kita untuk terus maju ke depan dan sebagai salah satu jalan untuk meraih impian kita. Memang sudah sepantasnya bahwa istilah pahlawan tanda jasa diberikan untuk mereka.

 

3. Orang Tua

Mungkin orang tua bisa dibilang pahlawan bagi hidup kita. Yang merawat, mendidik kita dengan sabar. Seringkali kita memang terlalu sibuk memikiran diri sendiri sehingga seringkali kita lupa dengan jasa mereka. Sudah selayaknya kita tetap selalu mencintai orang tua kita dan hingga kita tua nanti kita tidak melupakan mereka.

 

4. Para Putra-Putri Bangsa yang Berprestasi

Putra-putri bangsa yang menorehkan prestasi di luar sana juga menjadi pahlawan bagi Indonesia. Seperti yang dilakukan oleh atlet Bulutangkis yaitu Tontowi Ahmad dan Lilyana Natsir yang berhasil meraih banyak medali emas tahun ini. Masih banyak putra-putri bangsa yang muda lainnya seperti Tontowi Ahmad dan Lilyana Natsir yang terus akan mengharumkan nama Indonesia.

 

Mungkin mereka tak bersenjata, mereka tidak berperang seperti apa yang dilakukan pahlawan nasional pada zaman dulu. Tapi apa yang mereka lakukan sangat berpengaruh pada kehidupan kita dan juga kehidupan bangsa. Sudah sepantasnya mereka menjadi pahlawan yang ada di sekitar kita!