MUSIM HUJAN TIBA, INI YANG HARUS DIPERHATIKAN PENGENDARA MOBIL!


Musim Hujan Tiba, ini yang harus Diperhatikan Pengendara Mobil!

Sudah memasuki musin hujan, akhir-akhir ini hujan mulai sering turun, jalan menjadi licin dan mungkin ada jalanan yang masih tergenang air. Hal ini membuat kita para pengendara mobil harus lebih berhati-hati dan harus tetap menjaga mobil kita untuk selalu tetap aman dan bersih. Nah untuk itu, yuk cek kelengkapan mobil kita!

 

1. Nyalakan lampu depan

Hujan deras dan langit yang mendung membuat pandangan kita terkadang terbatas. Untuk mengatasi masalah tersebut, sebaiknya menghidupkan lampu depan agar dapat membantu pandangan kita saat berkendara.

 

2. Cek wiper

Saat musim hujan tiba, pastinya kita akan sering menggunakan wiper untuk menyapu hujan pada kaca mobil. Karet wiper yang sudah lama terkadang sudah elastis lagi yang menimbulkan goresan pada kaca. Jadi, jangan lupa untuk selalu cek wiper ya!

 

3. Cek Kondisi Ban

Ban mobil juga tak luput akan pengecekan jika musim hujan tiba. Ban yang sudah aus atau ulirnya sudah menipis bisa membuat ban mobil selip dan licin. Hal ini akan sangat berbahaya apalagi jika melewati jalanan yang becek dan tergenang air.

 

4. Cegah kondisi Hydroplanning

Hydroplaning atau aquaplaning adalah kondisi ban mobil yang kehilangan penapakan (traksi) pada permukaan jalan saat mobil melintasi genangan air di permukaan jalan. Jika Anda tidak hati-hati maka mobil akan sulit dikendalikan. Ketika sudah menemui situasi tersebut, pastikan posisi kedua tangan di setir dan perlahan-lahan mulai mengerem. Mengerem secara dalam dan mendadak bisa mengakibatkan ban selip. Untuk mencegahnya perhatikan jalan dengan baik, jika ada genangan bisa dihindari dan jangan mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi.

 

5. Jangan Gunakan fitur Cruise Control

Cruise control adalah sebuah teknologi yang memberikan pengemudi kebebasan mengendarai mobil pada kecepatan stabil, tanpa kaki harus terus menerus menekan pedal gas. Fitur cruise control sangat membantu saat kondisi jalan kering namun jika penggunaannya tidak tepat bisa membahayakan keselamatan. Fitur cruise control tidak cocok digunakan pada musim hujan karena mobil beresiko selip dan kehilangan kendali.

 

Itu adalah beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat musim hujan tiba. Jadi, apakah Anda sudah siap untuk menghadapi musim hujan ini?

 

Referensi

oto.detik.com

amazine.co