MENGENAL HAND BRAKE (REM TANGAN) PADA MOBIL


Mengenal Hand Brake (Rem Tangan) pada Mobil

Rem tangan atau hand brake difungsikan sebagai rem parkir yang dipakai ketika kendaraan sedang parkir. Rem tangan menjaga kendaraan untuk tidak berpindah atau bergeser dari posisi semula saat sedang diparkirkan.

Ternyata fungsi dari rem tangan tidak hanya itu, masih ada fungsi dan fakta lain mengenai rem tangan. Apa sajakah? Simak artikel berikut ya!

 

1. Mengistirahatkan Mobil di Lampu Merah

Anda dapat menggunakan rem tangan pada saat terkena lampu merah. Hal ini bisa membantu Anda untuk tidak menginjak rem pada waktu lama. Menggunakan rem tangan pada saat lampu merah juga dapat membuat mobil tidak berjalan sendiri pada saat jalanan menanjak atau menurun.

 

2. Membantu Pengereman Mobil Saat Pedal Rem Mengalami Blong

Jika kita sedang berada di kondisi pedal rem yang tidak berfungsi atau blong, kita bisa menggunakan rem tangan untuk menghentikan mobil. Dengan menggunakan rem tangan yang diikuti dengan penggunaan engine brake, maka akan membantu menghentikan laju mobil yang remnya blong.

 

3. Rutin Melakukan Penyetelan Rem Tangan

Rem tangan juga tak luput dari pengecekan rutin. Karena seiring berjalannya waktu, rem dapat aus dan tidak bekerja dengan baik. Dilansir dari Nissan.co.id, waktu yang tepat untuk melakukan penyetelan rem sebenarnya bisa diperhatikan dari jumlah klik saat menarik tuas. Pastikan klik antara 4-7 kali hingga benar-benar berhenti. Bila sudah lebih dari 7 kali, maka segera kunjungi bengkel terdekat untuk disetel.

 

4. Tak Menjamin Kendaraan Berhenti Lama di Jalan Miring

Jika Anda sedang berkendaraan di daerah yang menanjak dan berhenti untuk parkir di tempat tersebut, sangat disarankan untuk memberi pengganjal pada ban mobil. Karena jika hanya mengandalkan rem tangan saja, makan rem tangan akan cepat aus karena bekerja terlalu berat.

 

Nah, itulah fungsi dan fakta lain mengenai rem tangan pada mobil Anda. Untuk menghindari kekhawatiran dari hal-hal yang tidak diinginkan di jalanan, gunakan asuransi agar dapat melindungi kendaraan Anda. RaksaOnline mempunyai cara mudah untuk penutupan asuransi dengan cara online melalui www.raksaonline.com. Dapatkan diskon 10% untuk simulasi di website kami! Untuk pertanyaan lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami via Whatsapp 0857 76 600 600

 

Referensi

automotivexist.blogspot.co.id

nissan.co.id