PATUHI BATAS KECEPATAN BERKENDARA!


Patuhi Batas Kecepatan Berkendara!

Kecelakaan yang terjadi di jalan raya disebabkan oleh banyak faktor. Salah satu dari faktor-faktor tersebut adalah kecepatan kendaraan yang melebihi batas maksmum dari yang ditentukan. Sebenarnya, aturan mengenai batas kecepatan berkendara sudah dibuat oleh pemerintah. Hal tersebut merupakan upaya untuk meminimalisasi kecelakaan di jalan raya.

Batas kecepatan berkendara diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 111 tahun 2015, Tentang Cara Penetapan Batas Kecepatan. Dilansir dari Viva.co.id, batas kecepatan yang ditetapkan secara nasional dan dinyatakan dengan rambu lalu lintas adalah:

  • Untuk perjalanan dalam kondisi arus bebas, minimum 60 km/jam dan maksimum 100 km/jam untuk di jalan tol.

  • Untuk perjalanan antarkota maksimum 80 km/jam

  • Untuk kawasan perkotaan maksimum 50 km/jam

  • Untuk kawasan pemukiman maksimum 30 km/jam 

Batas kecepatan tersebut ditetapkan berdasarkan pertimbangan banyaknya kecelakaan di lingkungan jalan tersebut. Kondisi jalan dan keadaan lingkungan sekitar juga bisa menjadi bahan pertimbangan.

Walaupun sampai saat ini polisi belum memiliki pengawasan yang jitu mengenai peraturan tersebut, kita tetap harus waspada dan mematuhi peraturan tersebut. Tentunya, untuk keselamatan diri kita sendiri dan keselamatan orang lain.

Nah, oleh karena itu, asuransi mobil sangat penting untuk mengurangi resiko yang terjadi di jalan. Gunakan cara termudah untuk penutupan asuransi dengan cara online melalui www.raksaonline.com. Dapatkan diskon 10% untuk simulasi di website kami! Untuk pertanyaan lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami via Whatsapp 0857 76 600 600

 

Referensi

instagram.com/kemenhub151

viva.co.id