APA TIPS AMPUH MENGUSIR KANTUK SAAT MENGEMUDI?


Apa Tips Ampuh Mengusir Kantuk Saat Mengemudi?

Rasa kantuk memang tak bisa dihindari, tidak peduli dalam kondisi apapun. Rasa kantuk juga dapat menyerang siapa saja, termasuk menyerang Anda yang sedang mengemudikan kendaraan. Jika rasa kantuk diabaikan, bisa menjadi bahaya bagi Anda sendiri dan penumpang lain.

Tak jarang kecelakaan di jalan disebabkan oleh pengemudi yang mengantuk, karena pengemudi tidak bisa mengontrol laju kendaraannya. Hal tersebut dapat membahayakan para penumpang. Yuk, makanya ikuti tips berikut agar tahu cara ampuh mengusir kantuk saat mengemudi!

 

1. Minum Kopi

Minum kopi dapat sedikit membantu menjaga kesadaran. Namun efeknya baru terasa setengah jam setelahnya. Tapi tetap saja, kopi saja belum cukup untuk mengatasi rasa kantuk saat mengemudi. Yuk, makanya baca tips selanjutnya.

 

2. Ditemani Saat Mengemudi

Selanjutnya, jika kondisi tubuh Anda tidak fit saat mengemudi, kelelahan atau kurang tidur. Hindari mengemudi sendirian apalagi jika jaraknya jauh. Ajak teman atau keluarga untuk menemani Anda saat perjalanan agar ada teman untuk mengobrol. Sehingga rasa lelah atau kurang tidur bisa terabaikan.

 

3. Sedia Air Mineral

Selain untuk melepas dahaga, air mineral juga dapat digunakan untuk membasuh muka Anda jika rasa kantuk mulai datang. Sehingga Anda tidak perlu repot-repot untuk mencari toilet untuk membasuh muka.

 

4. Istirahat Setiap 2,5 jam

Saat perjalanan jauh, beristirahatlah setiap 2,5 jam. Karena batas maksimal tubuh hanya 2,5 jam. Jika dipaksakan, justru membuat tubuh Anda semakin lelah. Saat berhenti untuk beristirahat, Anda juga bisa melakukan gerakan ringan untuk peregangan kembali anggota tubuh.

 

5. Tidur Sejenak

Jika tips di atas juga tidak dapat membantu Anda, maka cara satu-satunya yang bisa Anda lakukan adalah tidur. Segera menepi dan luangkan waktu sekitar 15-20 menit untuk tidur sejenak. Karena obat paling ampuh dari rasa kantuk adalah tidur.

 

Jadi, sudah tahu kan tips menghilangkan kantuk saat mengemudi? Tetap waspada dan hati-hati di jalan ya, karena bahaya mengintai kita dimana saja dan kapan saja. Maka gunakan cara termudah untuk penutupan asuransi secara online melalui www.raksaonline.com. Dapatkan diskon 10% untuk simulasi di website kami! Untuk pertanyaan lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami via Whatsapp 0857 76 600 600

 

Referensi

hellosehat.com

news.okezone.com

 

Picture Courtesy

news.okezone.com