KESEHATAN UNTUK SEMUA ORANG DI HARI KESEHATAN DUNIA


Kesehatan untuk Semua Orang di Hari Kesehatan Dunia

Tanggal 7 April diperingati sebagai Hari Kesehatan Dunia yang didukung oleh WHO (World Health Organization). Hari Kesehatan Dunia diselenggarakan untuk memperingati pendirian WHO dan dipandang sebagai kesempatan untuk menarik perhatian dunia agar menyadari masalah-masalah besar kesehatan global setiap tahunnya.

WHO juga menyelenggarakan acara di tingkat internasional, regional maupun lokal terkait kesehatan dengan tema yang berbeda tiap tahunnya. Tahun lalu, tema yang diangkat adalah “Depression: Let’s Talk”. Karena situasi depresi yang kerap kali dialami, seringkali dianggap sebagai bukan masalah besar.

Padahal, faktanya, depresi yang berlarut-larut dan tidak cepat ditanggani akan menimbulkan tindakan bunuh diri sehingga menyebabkan kematian. Hampir 800.000 kematian akibat bunuh diri terjadi setiap tahun terjadi di dunia atau dengan kata lain setiap 40 detik, seorang meninggal karena bunuh diri.

Untuk tahun 2018 ini, tema yang diangkat oleh WHO adalah “Universal health coverage: everyone, everywhere” dengan slogan “Health For All”. WHO mengharapkan dengan adanya tema tersebut semua orang harus mewujudkan hak mereka untuk meningkatkan kesehatan setinggi mungkin.

Maka di tahun ke-70 tahun ini, WHO menyerukan kepada para pemimpin dunia untuk memenuhi janji yang mereka buat ketika mereka menyetujui Tujuan Pembangunan Berkelanjutan pada tahun 2015, dan berkomitmen untuk memajukan kesehatan semua orang. Yang berarti memastikan bahwa setiap orang, di mana saja dapat mengakses layanan kesehatan berkualitas penting tanpa menghadapi kesulitan keuangan.

Hari Kesehatan Dunia akan menyoroti kebutuhan akan UHC (Universal Health Coverage). UHC merupakan sistem kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif bermutu dengan biaya terjangkau.

Sepanjang 2018, WHO bertujuan untuk menginspirasi, memotivasi dan memandu kepentingan UHC dengan:

  1. Menginspirasi — menyoroti kekuatan pembuat kebijakan untuk mengubah kesehatan bangsanya, membingkai tantangan itu sebagai hal yang menarik dan ambisius, dan mengundang mereka untuk menjadi bagian dari perubahan.
  2. Motivasi — dengan berbagi contoh tentang bagaimana negara sudah maju menuju UHC dan mendorong yang lain untuk menemukan jalan mereka sendiri.
  3. Panduan — dengan menyediakan alat untuk dialog kebijakan terstruktur tentang cara memajukan UHC di dalam negeri atau mendukung upaya semacam itu di negara lain (mis. Memperluas cakupan layanan, meningkatkan kualitas layanan, mengurangi pembayaran tanpa bayar).

Anda juga dapat berpartisipasi di Hari Kesehatan Internasional ini dengan menyertakan hashtag #HealthForAll dan #WorldHealthDay di setiap unggahan Anda di media sosial!

 

Referensi

depkes.go.id
who.int