MAKIN PINTAR MENGEMUDI DENGAN MENGENAL JENIS MARKA DAN ARTINYA!


Makin Pintar Mengemudi dengan Mengenal Jenis Marka dan Artinya!

Setiap hari kita pasti menemui garis-garis putih yang berada di jalan raya. Garis-garis tersebut disebut dengan marka. Apakah Anda menyadari bahwa ada garis tersebut berbeda-beda alurnya dan ternyata mempunyai arti yang berbeda juga. Agar kita semakin menjadi pengendara yang pintar, yuk kita cari tahu jenis-jenis marka dan artinya!

 

1. Marka Garis Putih Tanpa Putus

Marka yang berada di tengah jalan ini berfungsi sebagai larangan bagi kendaraan untuk tidak melintasi garis tersebut. Sehingga para pengendara juga tidak boleh mendahului pengendara lain jika melintas di jalan yang terdapat garis tersebut. Sedangkan jika garis tersebut berada di tepi jalan, berfungsi sebagai peringatan tanda tepi jalur lalu lintas.

 

2. Marka Garis Putih Putus-Putus

Marka yang berada di tengah jalan ini berfungsi sebagai tanda bahwa pengendara diizinkan untuk mengubah jalur atau mendahului pengendara lain dengan tetap waspada dan berhati-hati terhadap pengendara dari arah berlawanan.

 

3. Marka Dua Garis Putih Tanpa Putus

Marka yang terletak di tengah jalan ini menyatakan bahwa pengendara tidak boleh melintasi garis tersebut. Biasanya, penerapan garis ini berada kota besar.

 

4. Marka Dua Garis Putih Tanpa Putus dan Putus-Putus

Jika Anda menemui garis ini di tengah jalan, garis ini berfungsi bahwa pengendara pada garis putus-putus dapat berpindah lajur ke sisi sebelahnya. Sedangkan untuk pengendara pada garis yang tidak putus, pengendara tidak boleh berpindah jalur.

 

5. Yellow Box Junction (YBJ)

Yellow Box Junction biasanya kita temui di persimpangan jalan besar perkotaan. Tujuan dari garis ini adalah agar jalur persimpangan tidak terkunci ketika kondisi jalan sedang padat. Kendaraan dilarang untuk melintas atau bahkan berada di kotak garis kuning.

 

Nah itu dia jenis-jenis marka jalan dan artinya. Bagi kalian para pengendara mobil, sudah tidak ada alasan untuk melanggar tata tertib berkendara. Jadilah pengendara yang pintar ya!

 

Reference

megapolitan.kompas.com

nissan.co.id

 

Picture Courtesy

pubinfo.id