TRANSPORTASI RAMAH LINGKUNGAN


Transportasi Ramah Lingkungan

Transportasi adalah perpindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat dengan menggunakan kendaraan yang digerakkan manuasi atau mesin. Transportasi digunakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Transportasi dibagi menjadi 3 yaitu transportasi darat, laut dan udara.

Dengan banyaknya transportasi, tentunya akan semakin memudahkan kegiatan manusia dengan jangkauan yang lebih luas juga. Namun, lebih banyaknya transportasi pribadi membuat jalanan penuh dan macet. Berbagai cara untuk mengurangi macet selalu dilakukan seperti dengan diberlakukan larangan melintas nomor ganjil genap.

Banyaknya transportasi yang ada, membuat gas buangan dari kendaraan-kendaraan tersebut menjadi polusi yang tidak baik bagi kesehatan dan lingkungan. Oleh karena itu, penggunaan transportasi ramah lingkungan perlu kita maksimalkan agar lingkungan kita terjaga. Lalu, apa saja transportasi ramah lingkungan yang bisa kita gunakan?

 

1. Sepeda

Sepeda merupakan salah satu transportasi yang ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan bakar. Untuk jarak yang tidak terlalu jauh, kita diharapkan untuk mengggunakan sepeda. Selain tidak menimbulkan polusi, ternyata sering bersepeda juga ada manfaatnya bagi tubuh kita. Bersepeda membantu kita meningkatkan tingkat metabolisme, membangun dan membakar lemak tubuh. Wah, cocok nih untuk Anda yang ingin mengurangi berat badan! Masih pilih kendaraan pribadi karena takut panas? Jangan khawatir, Anda bisa bersepeda di sore atau pagi hari yaitu waktu berangkat ke kantor dan pulang ke kantor. Ramah lingkungan bukan?

 

2. Motor Listrik

Mobil bertenaga listrik merupakan salah satu wujud dari solusi ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap krisis energi saat ini. Selain menghemat bahan bakar, motor listrik ini juga tidak menimbulkan polusi udara.

 

3. LRT dan MRT

Menurut Menhub, LRT (Light Rapid Transit) dan MRT (Mass Rapid Transit) adalah proyek dari pemerintah sebagai salah satu cara untuk menyelesaikan masalah-masalah kemacetan dan juga menyelesaikan masalah lingkungan agar kita tidak bergantung pada kendaraan pribadi yang justru mengonsumsi energi yang tidak ramah lingkungan. Dengan menggunakan transportasi ini, kita sudah berpartisipasi untuk mengurangi kemacetan dan tentunya memakai transportasi ramah lingkungan.

 

Nah itu dia beberapa transportasi ramah lingkungan yang bisa kita gunakan untuk ikut menjaga lingkungan sekitar dengan mengurangi polusi udara. Yuk mulai sekarang kita naik transportasi umum!

 

Referensi

hellosehat.com

kemdikbud.go.id

dephub.go.id