SIAP SAMBUT BULAN RAMADHAN DENGAN MEMPERSIAPKAN INI!


Siap Sambut Bulan Ramadhan dengan Mempersiapkan Ini!

Tidak terasa kita sudah memasuki Bulan Ramadhan lagi. Dalam sebulan kedepan, kita akan menjalan ibadah puasa pada bulan Ramadhan. Untuk menyambut bulan Ramadhan, tentu saja ada beberapa hal yang harus disiapkan agar bulan Ramadhan bisa dilalui dengan penuh berkah. Yuk, intip hal-hal apa saja yang harus kita siapkan untuk menyambut bulan Ramdhan!

 

1. Niat

Niat untuk berpuasa selama satu bulan harus kita persiapkan. Dengan niat yang penuh, kita akan melalui bulan Ramadhan ini dengan lancar. Selama 13 jam kita tidak makan dan minum, tentu akan ada banyak godaan yang akan menghadang. Oleh karena itu, niat yang penuh akan membantu kita melalui itu semua.

 

2. Persiapan Fisik

Karena perut kita kosong selama kurang lebih 13 jam, kita harus mempersiapkan fisik juga agar bisa tetap fit sampai waktu berbuka. Persiapan fisik yang total dan daya tubuh penting ditingkatkan agar ibadah tidak terganggu. Untuk menjaga lambung agar tidak bermasalah selama berpuasa, hindari beberapa jenis makanan yang dapat mengakibatkan perut kembung. Seperti, durian, nangka atau makanan lain yang dapat menyebabkan iritasi lambung seperti makanan yang terlalu pedas atau asam.

 

Perbanyak juga makan sayur dan buah-buahan saat berbuka dan sahur. Agar peredaran darah tetap berjalan dengan baik selama puasa, lakukanlah olahraga ringan seperti yoga atau jalan santai. Pastikan juga tidur cukup agar energi juga cukup untuk berpuasa keesokan harinya.

 

3. Perdalam Pengetahuan Agama

Agar ibadah lebih optimal, di bulan Ramadhan ini bisa menjadi kesempatan kita untuk memperdalam pengetahuan agama. Mendengarkan acara ceramah di TV, atau banyak membaca buku tentang agama bisa menjadi cara kita untuk memperdalam pengetahuan agama.

 

4. Persiapkan Program Keuangan selama Ramadhan

Dilansir dari IDNTimes, banyak orang yang mengeluhkan bahwa pengeluaran membengkak di bulan Ramadhan. Keluhan tersebut bisa diatasi dengan merencanakan program keuangan yang akan digunakan selama Ramadhan. Dengan adanya program keuangan selama Ramadhan, kita dapat menyisihkan pengeluaran khusus untuk bersedekah.

 

Nah itu dia beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menyambut bulan Ramdhan kali ini. Mungkin Anda mempunyai hal lain yang biasa Anda lakukan sebelum bulam Ramadhan tiba? Share ya! ;)

 

Reference

beritagar.id

life.idntimes.com