PILIH SEHAT DI HARI TANPA TEMBAKAU SEDUNIA


Pilih Sehat di Hari Tanpa Tembakau Sedunia

Kekhawatiran akan bahaya tembakau bagi kesehatan terutama jantung, membuat WHO menetapkan tanggal 31 Mei sebagai Hari Tanpa Tembakau Sedunia. Pada tahun 2018 ini, WHO berfokus pada “Tembakau dan Penyakit Jantung”.

Seruan kampanye dari WHO diharapkan dapat meningkatkan kesadaran tentang hubungan antara tembakau dan jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya (CVD), termasuk stroke, yang merupakan penyebab utama kematian di dunia dan juga tindakan yang tepat dan langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat, untuk mengurangi risiko terhadap kesehatan jantung yang ditimbulkan oleh tembakau.

WHO menyakini bahwa penggunaan tembakau merupakan faktor risiko penting untuk perkembangan penyakit jantung koroner, stroke dan penyakit pembuluh darah perifer. Karena memang faktanya, penggunaan tembakau serta paparan asap bagi perokok pasif berkontribusi sekitar 12% dari semua kematian akibat penyakit jantung. Penggunaan tembakau juga merupakan penyebab utama kedua dari penyakit kardiovaskular setelah tekanan darah tinggi.

Ukuran MPOWER WHO sejalan dengan Konvensi Kerangka WHO tentang Pengendalian Tembakau (WHO FCTC) dan dapat digunakan oleh pemerintah untuk mengurangi penggunaan tembakau dan melindungi orang dari NCD (penyakit yang tidak menular). Langkah-langkah ini termasuk:

  • M onitor, memantau penggunaan tembakau dan kebijakan pencegahannya

  • P rotect, melindungi orang dari paparan asap tembakau dengan menciptakan tempat umum dalam ruang bebas asap rokok, tempat kerja dan transportasi umum

  • O ffer, memberikan bantuan untuk berhenti dari tembakau (dukungan yang mencakup seluruh biaya, populasi, termasuk penyedia layanan kesehatan nasional yang bebas pulsa)

  • W arn, memperingatkan tentang bahaya tembakau dengan menerapkan kemasan standar, dan peringatan kesehatan pada semua produk tembakau, dan melakukan kampanye media massa anti-tembakau yang efektif memberikan informasi kepada masyarakat tentang penggunaan bahaya tembakau dan paparan asap bagi perokok pasif

  • E nforce, melaksanakan larangan komprehensif tentang tembakau iklan, promosi dan sponsorship dan

  • R aise, meningkatkan pajak pada produk tembakau dan membuat produk tembakau menjadi kurang terjangkau.

 

Kampanye Goal of World No Tobacco Day 2018

World No Tobacco Day 2018 bertujuan untuk:

  • Menyoroti tautan antara penggunaan produk tembakau dan jantung serta penyakit kardiovaskular lainnya.

  • Meningkatkan kesadaran masyarakat luas tentang dampak penggunaan tembakau dan paparan asap rokok pasif terhadap kesehatan kardiovaskular.

  • Memberikan kesempatan kepada publik, pemerintah dan lainnya untuk membuat komitmen untuk mempromosikan kesehatan jantung dengan melindungi orang dari penggunaan produk tembakau.

  • Mendorong negara-negara untuk memperkuat penerapan tindakan pengendalian tembakau MPOWER yang telah terbukti yang terkandung dalam FCTC WHO.

 

Setidaknya hanya sehari dalam setahun, yuk hidup sehat tanpa tembakau! Jika bukan sekarang, kapan lagi?

 

Reference

www.who.int