MENGETAHUI FAKTOR UTAMA KECELAKAAN ARUS MUDIK


Mengetahui Faktor Utama Kecelakaan Arus Mudik

Mudik merupakan semacam tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia dalam rangka menyambut Hari Idul Fitri. Karena transportasi umum yang terbatas dan harga tiket yang melambung menjelang Idul Fitri, banyak masyarakat Indonesia memilih untuk mudik menggunakan dengan mobil pribadi.

Namun, kecelakaan selalu mengancam para pemudik. Dilansir dari GeoTimes, faktor utama penyebab kecelakaan adalam pemudik yang mengalami kelelahan. Kondisi badan yang kurang sehat yang tidak diimbangi dengan istirahat yang cukup membuat konsentrasi dalam berkendara berkurang. Padahal jarak yang ditempuh cukup jauh.

Pada H-1 lebaran tahun 2017, Polisi Jombang mencatat sudah ada kecelakaan selama mudik lebaran 2017. Dari data yang diperoleh oleh KabarJombang.com. Sebanyak 7 kecelakaan lalu lintas yang terjadi, ada beberapa yang disebabkan oleh Human Error serta minimnya disiplin lalu lintas.

Mabes Polri memperkirakan lebih dari 100 orang tewas dalam sejumlah kecelakaan lalu lintas selama arus mudik dan balik Lebaran 2017. Informasi yang dihimpun Okezone, ada beberapa kecelakaan terjadi pada malam hari di beberapa tempat.

Ada kecelakaan maut terjadi di jalan menuju Pelabuhan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali, Sabtu 17 Juni 2017 malam. Kecelakaan tersebut melibatkan truk tronton yang mengangkut semen dengan mobil travel. Dalam kecelakaan tersebut, sedikitnya delapan orang dilaporkan tewas. Tragisnya, sebagian besar korban merupakan rombongan pemudik yang berasal dari satu Kecamatan di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Kecelakaan maut juga merenggut enam nyawa di perlintasan Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur tahun lalu. Bus pemudik dihajar mobil jenis Toyota Avanza. Keenam korban jiwa adalah penumpang Avanza. Bahkan ada 1 penumpang Avanza yang mengalami luka kritis.

Dirangkum dari Okezone, kecelakaan ini bermula saat bus pariwisata bernomor polisi AA 1428 ED yang berisi pemudik asal Bali hendak ke Blitar dan Tulungagung. Kemudian saat melintas di Jalan Raya Desa Taman Sari, Kecamatan Dringu, Sabtu 24 Juni 2017 tengah malam, bertabrakan dengan Avanza bernomor polisi N 590 NQ yang disopiri Zainul Anwar.

Avanza saat itu dikabarkan akan mendahului kendaraan lain, dengan kecepatan tinggi melaju dari arah berlawanan dan langsung menabrak bus yang ditumpangi pemudik. Sedangkan, sopir bus diamankan polisi untuk dimintai keterangan. Akibat kecelakaan frontal itu, mobil Avanza rusak parah dan bus bagian depan kacanya pecah.

Untuk itu, tetap waspada dan hati-hati di jalan, karena bahaya mengintai kita dimana saja dan kapan saja. Lindungi mobil kesayangan Anda saat mudik dengan cara termudah asuransi secara online melalui www.raksaonline.com. Dapatkan promo Ramadan dengan diskon total 10% untuk simulasi di website kami! Untuk pertanyaan lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami via Whatsapp 0857 76 600 600

 

Reference

kabarjombang.com

geotimes.co.id

news.okezone.com

 

Picture Courtesy

plus.kapanlagi.com