KENALI BAHAYA MEMAKAI BAN CADANGAN TERLALU LAMA!


Kenali Bahaya Memakai Ban Cadangan Terlalu Lama!

Sebentar lagi lebaran, persiapan mudik tentunya sudah kita lakukan jauh-jauh hari. Mudik dengan mobil pribadi menjadi pilihan para pemudik yang ingin hemat ongkos dan tentunya lebih banyak barang yang bisa dibawa. Masih bingung perlengkapan apa saja yang dibawa saat mudik menggunakan mobil pribadi? Baca di sini ya!

Salah satu perlengkapan yang dibawa saat ingin melakukan perjalanan mudik adalah ban cadangan. Dilansir dari Oto Detik, umumnya ban cadangan memiliki ukuran yang berbeda dengan ban utama yang sedang digunakan. Perbedaan ban cadangan ini disebabkan karena ruang penyimpanan ban cadangan tersebut juga terbatas.

Tujuan dari ban cadangan tersebut adalah hanya digunakan saat darurat dalam waktu yang tidak lama. Bagi ada yang melakukan perjalanan mudik menggunakan mobil pribadi, sebaiknya untuk mengenali sifat dari ban cadangan sebelum benar-benar digunakan saat perjalanan mudik.

Sudah ada Undang-undang yang mengatur tentang bahwa setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalan wajib dilengkapi perlengkapan kendaraan bermotor, untuk mobil salah satunya ban cadangan. Ketentuan tersebut diatur dalam UU LLAJ Nomor 22 tahun 2009 pasal 57. Sementara pada Pasal 278, jika perlengkapan tersebut tak lengkap akan dipidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling paling banyak Rp 250.000.

Ban cadangan sendiri sebenarnya hanya dipergunakan untuk membawa mobil sampai ke bengkel terdekat dan bukan untuk digunakan terus menerus seperti ban utama. Karena pada dasarnya sifat dari ban cadangan ini adalah temporary.

Jadi, sangat penting untuk mengetahui bagaimana ketentuan dari ban cadangan itu sendiri apabila digunakan sewaktu-waktu. Batas kecepatan mobil ketika memakai ban cadangan sendiri juga diatur yaitu 60 km/jam atau tidak melebihi 80 km/jam. Karena, daya pengereman ban sangat berbeda dengan ban normalnya.

Jika ban kempes dan tidak ada ban cadangan mobil bisa tetap dibawa jalan sampai 5 km. Asalkan, pelek mobil tidak diganti atau standar. Tetap waspada dan hati-hati di jalan karena bahaya mengintai kita dimana saja dan kapan saja. Lindungi mobil kesayangan Anda saat mudik dengan cara termudah asuransi secara online melalui www.raksaonline.com. Dapatkan promo Ramadan dengan diskon total 10% untuk simulasi di website kami! Untuk pertanyaan lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami via Whatsapp 0857 76 600 600

 

 

Reference

oto.detik.com

 

Picture Courtesy

youtube.com