MOBIL ANDA JARANG DIPAKAI, APA SIH AKIBATNYA?


Mobil Anda Jarang Dipakai, Apa Sih Akibatnya?

Sebagian orang berpikir bahwa benda yang jarang dipakai maka akan lebih awet, namun ternyata anggapan itu tak sepenuhnya benar bahkan berkebalikan. Sama seperti mobil, apabila jarang dipakai, tak menjamin kondisinya tetap baik dan aman saat digunakan kembali. Mobil yang jarang dipakai justru rentan mengalami masalah dan kerusakan.

Kerusakan yang dialami beraneka ragam. Berikut beberapa masalah dan kerusakan yang sering terjadi apabila mobil jarang dipakai.

 

1. Ban Mobil Cepat Rusak

Masalah fisik yang akan jelas terlihat adalah kondisi ban mobil. Bagian ban mobil akan mengempis, dan apabila terlalu lama dibiarkan maka bagian bawah ban akan mengeras. Kondisi seperti ini akan membuat ban mobil cepat rusak. Jika suatu saat akan dipakai kembali dan dipompa, bentuk ban tidak akan bulat sempurna. Saat ban tersebut diputar, putarannya pun tidak halus alias oleng.

 

2. Kerusakan pada Aki Mobil

Mobil yang jarang dipakai membuat aki mobi menjadi tekor. Hal ini dikarenakan baterai aki mobil yang digunakan untuk standby alarm, bila ada kebocoran di bagian instalasi listrik dapat membuat daya aki sedikit demi sedikit tersedot dan habil walaupun mesin mobil dimatikan.

 

3. Kerusakan pada Rem

Kerusakan pada rem terbilang masalah yang paling berbahaya untuk mobil. Kerusakan pada rem dapat terjadi jika kondisi rem tangan tetap aktif. Rem tangan yang masih aktif ketika dibiarkan terlalu lama akan membuat master rem dan pen kalipernya menjadi macet akibat jarang bergerak karena tidak digunakan. Selain itu, piston dan disc brake akan menjadi berkarat.

 

4. Masalah pada kaki-kaki mobil

Kondisi kaki-kaki mobil akan menjadi karatan dan macet apabila mobil yang ditinggal lama dan tidak dipakai. Seperti pada ball joint atau join steer kemudi yang akan macet dan karatan akibat tidak pernah digerakan. Hal ini akan menyebabkan kenyamanan dan kestabilan saat digunakan kembali menjadi terganggu.

 

5. Kerusakan pada Bagian Body Mobil

Penempatan mobil pada suhu udara yang lembab, akan memudahkan bagian body mobil mudah berkarat akibat disimpan terlalu lama dan tidak digunakan. Body mobil yang karatan akan menyebar dan menyebabkan panel-panel mobil menjadi keropos. Selain itu, hal ini juga berdampak pada karet wiper mobil yang akan mengeras.

 

Itulah beberapa masalah dan kerusakan yang akan terjadi pada mobil yang jarang dipakai jika tidak diperhatikan. Salah satu cara merawatnya untuk meminimalisir dari debu atau kotoran dapat menutupinya dengan cover mobil. Nah, nantikan artikel selanjutnya yang akan membahas cara-cara merawat mobil yang jarang dipakai dengan benar.

 

References

http://www.mekanikmitsubishi.com

http://fastnlow.net

 

Picture Courtesy

 http://automotivexist.blogspot.com