TIPS MERAWAT MOBIL YANG JARANG DIPAKAI


Tips Merawat Mobil Yang Jarang Dipakai

Padatnya ibukota membuat sebagian masyarakat lebih memilih menggunakan kendaraan umum seperti transjakarta dibandingkan mobil pribadi. Hal ini menyebabkan mobil jarang dipakai dan hanya disimpan di garasi. Sebelumnya telah dibahas mengenai masalah atau kerusakan yang terjadi apabila mobil jarang dipakai.

Nah berikut ini beberapa tips merawat mobil yang jarang dipakai agar dapat tetap dalam kondisi yang baik.

1. Beri Penyangga pada Ban

Tidak menggunakan mobil dalam waktu yang lama, ban mobil dapat mengempis dan membuatnya cepat rusak. Untuk itu mencegah hal itu sebaiknya ban mobil ditopang dengan alat penyangga (jack stand), sehingga ban terlihat melayang. Penggunaan jack stand juga berfungsi untuk menjaga suspensi. Hindari menggunakan dongkrak untuk penyangga karena akan membuat dongkrak cepat rusak.

2.  Pastikan Komponen Listrik Aman dan Cabut Kutub Aki

Mobil yang jarang dipakai membuat aki mobil menjadi tidak berfungsi dengan baik. Cobalah untuk melepas kabel aki sehingga dapat mengurangi resiko kehilangan daya atau rusak. Pada saat mencabut aki, terlebih dulu lepaskan kabel negatif dan kemudian kabel positif. Sebaliknya saat memasangnya, terlebih dahulu pasang kabel positif` kemudian negatif.

3. Cek berkala kondisi rem

Salah satu masalah yang sering dialami pada mobil yang jarang digunakan adalah rem yang rusak. Untuk itu, jangan biarkan kondisi rem tangan aktif terlalu lama ketika mobil jarang digunakan.  Selain itu, setiap seminggu sekali pastikan kondisi minyak rem tidak kosong dan bersihkan permukaan rem cakram dengan melepas kampas rem terlebih dulu. Perlu diingat, lakukanlah hal ini dengan hati-hati.

4. Pastikan kondisi oli mesin baik

Hal lainnya yang tak boleh terlupa adalah kondisi oli mesin mobil. Lakukan penggantian oli mesin ketika tidak ingin menggunakannya dalam beberapa waktu. Jangan lupa untuk memanaskan mesin mobil sekitar 4-5 menit setiap hari agar mesin mobil tetap dapat bekerja dengan baik.

5. Pastikan Kondisi Mobil Tetap Bersih

Meskipun mobil jarang dipakai namun tidak ada salahnya mencuci mobil anda secara rutin. Mulai dengan mencuci bagian eksterior agar kondisi cat mobil tetap bagus dan pastikan kaki-kaki mobil tetap bersih. Kemudian bersihkan debu dan kotoran dengan menggunakan vacuum cleaner pada bagian interior. Selain itu, berikan ganjalan busa agar wiper tak langsung menempel pada kaca mobil.

Nah, itulah beberapa tips merawat mobil yang jarang dipakai agar mobil tetap dalam kondisi baik dan tidak mudah rusak. Tentu saja perawatan ini penting dilakukan untuk anda yang mungkin jarang menggunakan mobil di setiap kegiatan. Tak hanya merawat mobil, perlindungan asuransi pun perlu dimiliki oleh mobil anda. Lindungi mobil kesayangan anda dengan cara termudah asuransi secara online melalui www.raksaonline.com. Dapatkan promo diskon 10% + 5% untuk simulasi di website kami dengan berlangganan email kami dengan klik http://bit.ly/SubsE-ROL

Untuk pertanyaan lebih lanjut Anda dapat menghubungi marketing kami via Whatsapp di 0857-76-600-600


References :

showroommobil.co.id

www.viva.co.id

 

Picture Courtesy :

autolapak.com