KAPAN SEBAIKNYA SERVIS MOBIL DILAKUKAN?


Kapan Sebaiknya Servis Mobil Dilakukan?

Mobil merupakan alat transportasi bermotor yang tentunya memiliki batas pemakaian komponen. Untuk melakukan perawatan memang bukan perkara mudah bagi orang awam yang belum mengerti mengenai mesin. Layanan servis bengkel membantu kita dalam hal perawatan kendaraan. Fungsi servis ini untuk mengecek dan memastikan bahwa komponen-komponen di dalam mobil baik untuk digunakan.

Berikut waktu yang tepat untuk melakukan servis mobil;

 

1. Servis pertama : 1.000 km

Servis pertama ini bertujuan untuk menghindari risiko adanya kerusakan saat mobil baru terjual, hal ini dikarenakan saat mobil berada di gudang mobil hanya diam tanpa dipanaskan dan tanpa dibersihkan. Service pertama ini cukup penting karena apabila ada kerusakan yang tidak terdeteksi maka akan berpotensi menyebabkan kerusakan yang lebih parah kedepannya.

2. Servis kedua : 10.000 km
Pada servis kedua ini menjadi patokan seberapa kuat mesin dan komponen mobil lainnya. Hal-hal yang dilakukan pada service 10.000 Km antara lain pengecekan mesin, sistem rem, ban, voltage baterai serta pembersihan filter udara. Terkadang, teknisi juga akan menanyakan keluhan-keluhan yang dirasakan oleh pemilik.

3. Servis ketiga : 20.000 km
Biasanya pengguna mobil akan merasakan beberapa keluhan ringan saat mencapai kilometer ini, seperti keluhan di bagiin kaki-kaki, mesin atau kelistrikan. Pada servis ketiga ini akan lebih banyak komponen yang dicek dan dilakukan penggantian seperti pengecekan engine tune up, kondisi baterai, oli mesin, spooring balancing roda, penggantian filter udara dan pembersihan busi. Biaya akan disesuaikan dengan tipe mobil.

4. Servi
s ke empat : 30.000 km
Saat angka kilometer sudah mencapai 30.000 atau lebih maka tindakan service yang dilakukan juga cukup banyak dan banyak pengantian part seperti busi, oli mesin, fuel filter dan oli transmisi untuk kendaraan automatic. Selain itu pengecekan sistem rem dan rotasi ban tetap dilakukan sama seperti servis sebelumnya. Umumnya saat mobil sudah memasuki kilometer 30.000 atau lebih keluhan ada di bagian kaki-kaki dimana komponen seperti strut bar, shock absorber, dan tie rod mulai lemah dan pada servis ini akan dilakukan perbaikan.

 

Itulah waktu yang tepat untuk servis kendaraan anda agar tetap dalam kondisi baik saat digunakan. Tentu saja servis berkala ini sangat penting dilakukan. Tak hanya servis mobil, perlindungan asuransi pun perlu dimiliki oleh mobil anda. Lindungi mobil kesayangan anda dengan cara termudah asuransi secara online melalui www.raksaonline.com. Dapatkan promo diskon 10% + 5% untuk simulasi di website dengan berlangganan email kami dengan klik http://bit.ly/SubsE-ROL

Untuk pertanyaan lebih lanjut Anda dapat menghubungi marketing kami via Whatsapp di 0857-76-600-600

 

Reference

www.autoexpose.org

 

Picture Courtesy

cars.ro