APA ITU RAKSA RATING?


Apa Itu Raksa Rating?

Raksa Rating merupakan program terbaru dari PT. Asuransi Raksa Pratikara yang memberikan penilaian (rating­) bengkel-bengkel rekanan Asuransi Raksa. Tujuan dibentuknya Raksa Rating ini adalah memberikan apresiasi terhadap bengkel yang telah memberikan pelayanan terbaik dalam menangani klaim nasabah Raksa. Selain itu, adanya Raksa Rating ini dapat meningkatkan kerjasama antara Asuransi Raksa dengan bengkel dan wadah dimana Raksa dapat memberikan rekomendasi ke bengkel untuk terus melakukan peningkatan pelayanan.

 

Terdapat beberapa parameter penilaian dalam Raksa Rating ini. Penilaian pada bengkel ini salah satunya berdasarkan survey kepuasan nasabah Asuransi Raksa terhadap hasil pengerjaan dan mutu pelayanan bengkel atas klaimnya. Survey kepuasan nasabah ini dinamakan Nasani (Nasabah Menilai). Tak hanya berdasarkan Nasani, parameter penilaian ini juga berdasarkan physical workshop (Fisik Bangunan Bengkel), Administrative Documents, dan komplain dari nasabah Raksa.

 

Fisik Bangunan Bengkel dinilai berdasarkan kelengkapan bangunan seperti ruang parkir, ruang customer service, ruang tunggu, ruang operasional, toilet dan ruangan lainnya. Selain itu, dilihat juga mengenai kelengkapan peralatan bengkel, kualitas para pekerja dan ada atau tidaknya alat keamanan seperti APAR dan security camera. Sementara itu, untuk administrative documents dinilai berdasarkan price list perbaikan, sistem merimen, kualitas foto epoxy dan pengiriman salvage. Dari ketiga penilaian tersebut ada bobot masing-masing yang akan diakumulasikan. Namun, terdapat faktor pengurang yaitu komplain customer pada bengkel tersebut, dimana setiap satu orang yang komplain maka poin akan berkurang 5 per customer. Bagi bengkel yang memiliki kualitas terbaik akan mendapatkan predikat Golden Owl dari Asuransi Raksa.

 

Tentunya, predikat Golden Owl ini dapat memberikan keuntungan terhadap bengkel tersebut. Keuntungan yang didapatkan diantaranya akan dipromosikan di daftar bengkel rekanan Raksa yang tentunya akan berdampak pada peningkatan branding bengkel itu sendiri. Peningkatan branding ini tentunya dapat meningkatkan jumlah unit mobil perbaikan setiap bulannya. Untuk bengkel yang memiliki predikat Golden Owl, sesuai dengan tujuan yang telah disebutkan, Asuransi Raksa akan melakukan inspeksi yang nantinya akan memberikan rekomendasi untuk perubahan atau perbaikan demi peningkatan pelayanan dan kualitas bengkel.

 

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai Raksa Rating. Asuransi Raksa memiliki target untuk dapat memberikan rating pada seluruh bengkel rekanan Raksa. Semoga ke depannya kerja sama ini akan terus terjalin dan memberikan manfaat serta keuntungan bagi Asuransi Raksa sendiri dan bengkel-bengkel rekanan.