KENALI GEJALA KERUSAKAN REM MOBIL ANDA


Kenali Gejala Kerusakan Rem Mobil Anda

Rem merupakan komponen penting pada kendaraan karena memiliki peranan yang cukup vital. Apabila terjadi kerusakan pada rem, tentunya akan berakibat fatal. Komponen keselamatan ini harus selalu diperhatikan dan dijaga agar tetap dalam kondisi prima. Ada baiknya pengendara dapat mengenali gejala kerusakan rem mobil kendaraannya. Berikut gejala kerusakan rem yang perlu Anda ketahui

 

1. Terasa getaran saat pengereman

Apabila saat menginjak rem mobil Anda merasakan getaran dan semakin parah ketika ditekan pada kecepatan tinggi, ada kemungkinan terjadi kerusakan pada rem Anda. Hal ini disebabkan permukaan rem cakram atau tromol sudah tidak rata. Segera lakukan pengecekan ke Bengkel dan apabila sudah ganti komponen tersebut.

 

2. Indikator pada instrumen menyala

Hampir setiap kendaraan dilengkapi dengan indikator rem yang dapat memberikan tanda apakah sistem pengereman dalam kondisi normal atau tidak. Indikator tersebut dapat dilihat di Multi Information Display (MID). Jika kondisi rem normal, indikator tersebut tidak menyala. Sebaliknya, jika kondisi rem tidak normal maka lampu indikator akan menyala.

 

3. Terdengar suara bising pada rem

Suara bising biasanya muncul saat mobil berada pada posisi pengereman. Suara tersebut berasal dari indikator bantalan rem (brake pad). Apabila brake pad mulai tersentuh piringan roda, maka akan menghasilkan suara. Jika kondisi sudah seperti itu, sebaiknya segera ganti kampas rem agar tidak menimbulkan suara.

 

4. Pedal rem terasa loss

Jika saat menginjak rem terasa loss, maka perlu melakukan pengecekan apakah ada kebocoran minyak rem atau tidak. Apabila tak ada kebocoran, bisa jadi dikarenakan silinder rem sudah termakan sehingga membentuk celah bagi minyak rem untuk menerobos keluar. Solusinya, segera ganti master silinder tersebut agar masalah teratasi.

 

5. Muncul bau tajam pada rem

Pengereman secara terus-menerus seperti saat jalan menurun akan meningkatkan temperatur pada rem. Hal ini akan menyebabkan panas yang berlebih pada rem. Apabila kondisi rem kurang optimal, maka akan menghasilkan bau tajam. Pada situasi seperti ini, mobil lebih baik didiamkan sejenak sehingga kondisi rem menjadi dingin.

 

Itulah beberapa gejala kerusakan rem yang dapat dirasakan secara langsung oleh pengendara. Oleh karena itu, pengecekan dan servis secara berkala perlu dilakukan. Agar kejadian yang tak diharapkan dapat dihindarkan. Lindungi mobil kesayangan anda dengan cara termudah asuransi secara online melalui www.raksaonline.com dari Asuransi Raksa Pratikara. Berbagai layanan yang memudahkan akan memberi pengalaman dan manfaat yang lebih dari sekedar berasuransi. Untuk pertanyaan lebih lanjut Anda dapat menghubungi marketing kami via Whatsapp di 0857-76-600-600

 

Reference:

oto.detik.com

www.carmudi.co.id

 

Picture Courtesy:

mobil-mewah.net