ASAL MULA GAME ‘'DINOSAURUS'’ DI GOOGLE CHROME


Asal Mula Game ‘'Dinosaurus'’ di Google Chrome

Saat koneksi internet tiba-tiba terputus, pada laman Google Chrome akan muncul seekor 'Dinosaurus' dalam bentuk piksel untuk ‘menghibur’. Tidak semua orang akan memainkan game tersebut namun tidak jarang pula mereka kesal. Namun tahukah kamu mengapa Google memilih ‘'Dinosaurus'?’

 

Sebastien Gabriel, perancang game ‘'Dinosaurus'’ itu menjelaskan asal usul dari game tersebut. Game ‘'Dinosaurus'’ tersebut terinspirasi dari zaman pra sejarah yang belum ada internet sama sekali. Ia menjelaskan bahwa latar belakang kaktus dan gurun adalah ilustrasi pertama dari laman “Anda sedang Offline”. Sementara gaya visual dengan seni piksel adalah ciri khas Google Chrome saat ada masalah. Game 'Dinosaurus' ini mulai dipublikasikan pada September 2014.

 

Proyek game ini semula bernama “Project Bolan” yang merujuk pada Marc Bolan, vokalis band rock T-Rex tahun 70-an asal Inggris. Meskipun pada awalnya game dinasaurus ini gagal berjalan di perangkat Android versi lawas namun sekarang sudah berekspansi ke berbagai platform.

 

Berdasarkan teknisi UX Chrome, Edward Jung, game 'Dinosaurus' ini telah dimainkan sebanyak dua ratus tujuh puluh juta kali setiap bulannya, baik perangkat laptop maupun ponsel. Indonesia termasuk negara yang paling banyak memaikan game ini. Ia menjelaskan bahwa sebagian besar pemain berasal dari negara yang memiliki koneksivitas internet rendah sehingga game 'Dinosaurus' ini sering muncul dan seolah meminta untuk dimainkan.

 

Sebastien menjelaskan jika game 'Dinosaurus' ini tidak hanya dapat dimainkan ketika koneksi internet terputus lagi, tetapi dapat dimainkan ketika jaringan internet terkoneksi dengan baik. Melalui link khusus chrome://dino dengan "mode arcade", pengguna dapat memaikan game ini dan dapat berlatih untuk hasil yang terbaik. Nilai tertinggi untuk game ini pun sudah diatur dengan maksimal 17 juta tahun, sama dengan jumlah waktu T-rex hidup di Bumi. Bulan September ini yang merupakan ulang tahun 'Dinosaurus' harus memakan kue warna warni dilengkapi dengan topi ulang tahun.

Nah, itulah sekilas asal mula game 'Dinosaurus' ini tercipta. Apakah kamu salah satu penggemar game 'Dinosaurus' ini atau kesal saat 'Dinosaurus' ini muncul?

 

References:

Dirangkum dari berbagai sumber

 

Picture Courtesy

telset.id