KETAHUI PENYEBAB MOBIL TERBAKAR


Ketahui Penyebab Mobil Terbakar

Kejadian mobil terbakar memang jarang terjadi, namun tentunya sangat berbahaya bila terjadi pada mobil Anda. Kebakaran mobil umumnya terjadi saat kecelakaan yang sangat keras hingga mengalami kebocoran pada cairan bahan bakar ataupun oli. Akan tetapi belakangan ini ada beberapa kasus mobil terbakar dalam keadaan diam atau terparkir. Tentunya hal ini dapat membuat kepanikan tersendiri. Berikut beberapa penyebab mobil terbakar yang dapat dihindari:

 

1. Ada kabel yang terkelupas atau tak sesuai

Penyebab mobil terbakar dapat disebabkan oleh kondisi kabel yang terkelupas akibat gesekan antara kabel-kabel yang sudah rapuh. Gesekan ini tentunya memicu percikan api dan menimbulkan bau sangit. Selain itu pemakaian jenis kabel yang tak sesuai tipe atau jenisnya dapat menyebabkan kabel tersebut memuai dan api dapat menyebar ke bagian mobil dikarenakan memiliki daya listrik yang berbeda.

 

2. Kebocoran oli dan bahan bakar

Pada saat mobil dijalankan, ada beberapa cairan yang bersirkulasi dalam mobil seperti oli mesin, bahan bakar (bensin atau solar) dan cairan pendingin mesin merupakan cairan yang mudah sekali terbakar apabila terdapat kebocoran pada selang ataupun tangki. Pengecekan sistem sirkulasi oli dan bahan bakar perlu dilakukan secara berkala.

 

3. Air filter karburator yang terbuka

Pada mobil yang memiliki komponen karburator, sebaiknya hindari untuk menggunakan air filter yang terbuka. Hal ini dapat memicu penguapan bensin melalui celah kecil yang ada pada book air filter. Uap bensin tersebut apabila mengenai bagian kabel yang terkelupas dapat memicu kebakaran mobil.

 

4. Kerusakan listrik

Kerusakan Listrik ini berkaitan dengan kondisi aki mobil. Aki mobil yang bermasalah dapat membuat adanya tumpukan hidrogen dalam ruang mesin. Jika gas ini bocor, maka akan merusak bagian kabel sehingga menimbulkan percikan api dan memicu kebakaran. Selain itu, apabila pemasangan kabel paralel yang terdapat pada aki kendur maka dapat menyebabkan konsleting listrik.

 

5. Mesin yang mengalami overheat

Kerja mesin yang terlalu keras dapat menyebabkan mesin mobil cepat panas karena suhu mesin yang meningkat drastis atau overheat. Panasnya suhu mesin ini menyebabkan suhu oli meningkat yang kemudian mengalami kebocoran dan memicu percikan api. Mesin yang mengalami overheat ini disebabkan adanya kerusakan pada bagian radiator maupun katup mesin yang tidak sempurna.

 

Nah, itulah beberapa penyebab mobil dapat terbakar. Jaga selalu kondisi mobil Anda dengan melakukan pengecekan dan perawatan secara berkala agar tetap optimal.

 

Reference:

Dirangkum dari berbagai sumber

 

Picture Courtesy:

www.theargus.co.uk