SAAT TERJADI GEMPA, APA YANG HARUS DILAKUKAN?


Saat Terjadi Gempa, Apa Yang Harus Dilakukan?

Sebelumnya telah dibahas mengenai penyebab sering terjadinya gempa bumi di Indonesia. Dampak bencana alam ini tentunya cukup banyak memakan korban jiwa. Ratusan jiwa sudah menjadi korban dari rentetan gempa bumi yang terjadi di daerah Indonesia, mulai dari Lombok, Palu dan Situbondo.

Untuk meminimalisir korban jiwa, berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk keselamatan diri saat terjadi gempa;

 

1. Jangan panik

Saat terjadi gempa, hal yang paling utama adalah jangan panik. Panik akan membuat Anda tidak dapat berpikir jernih dan dikhawatirkan malah terjebak dalam situasi yang membahayakan. Agar tidak panik, Anda perlu fokus mengenai upaya penyelamatan yang akan dilakukan. Pikiran yang fokus akan membantu melakukan tindakan penyelamatan dengan tepat.

 

2. Penyelamatan di dalam bangunan

Pertama, jauhi benda-benda yang terbuat dari kaca, baik jendela, pintu atau dinding karena rentan pecah dan runtuh. Keluar bangunan melalui pintu darurat (jangan menggunakan lift) dengan tenang dan tertib karena jika terburu-buru akan terjadi tubrukan. Namun jika tidak memungkinkan untuk segera keluar, tetap tinggal dalam bangunan tersebut dan berlindung di benda yang sekiranya kokoh untuk menahan guncangan. Setelah gempa berhenti, segera keluar bangunan dan cari tempat terbuka atau tanah lapang.

 

3. Penyelamatan di luar bangunan

Jika dalam kendaraan, segera hentikan kendaraan di tempat aman. Jangan berhenti di atas maupun di bawah jembatan. Segera keluar dari kendaraan dan pergi menjauhi bangunan, lampu jalan dan kabel listrik. Jika Anda merasakan getaran gempa yang sangat kuat, segera berlari ke dataran yang lebih tinggi untuk mengantisipasi terjadinya tsunami.

 

4. Penyelamatan saat terjebak reruntuhan

Apabila saat terjadi gempa tak sempat menyelamatkan diri dan terjebak dalam reruntuhan, sebaiknya jangan bergerak karena khawatir kian runtuh. Ambil posisi melindungi wajah dan kepala dengan bantal ataupun beda empuk lainnya. Jangan mencoba menghilangkan debu, tutupi mulut dan hidung dengan baju. Ketuk pipa atau dinding agar tim penyelamat dapat mengetahui keberadaan Anda.

 

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan saat gempa terjadi. Demi mempersiapkan diri sebelum terjadinya gempa, ada baiknya segala dokumen penting ditempatkan ke dalam satu tas yang mudah dibawa sehingga Anda dapat menyelamatkan dokumen-dokumen tersebut dengan cepat. Dengan pengetahuan tanggap darurat bencana, diharapkan kita lebih siap menghadapi bencana yang datang dan meminimalisir jumlah korban jiwa.

 

Reference:

Dirangkum dari berbagai sumber

 

Picture Courtesy:

waspada.co.id