PILIH ASURANSI SESUAI DENGAN KEBUTUHAN


Pilih Asuransi Sesuai dengan Kebutuhan

Bagi anda yang baru dalam dunia asuransi pasti belum familiar dengan jenis-jenis dan istilah asuransi. Apakah anda sudah memahami istilah dasar seperti perbedaan all risk, comprehensive, dan total loss? Apa saja yang dicover oleh asuransi? Yuk simak artikel ini untuk menjawab semua peranyaan anda.

 

Di RaksaOnline asuransi kendaraan bermotor ini dibagi menjadi 2 jenis yaitu comprehensive dan total loss.  Asuransi comprehensive adalah asuransi yang meng-cover kerusakan yang tercantum di wording polis. Wording adalah bagian dari polis (perjanjian Asuransi) yang berisi ketentuan, kondisi dan persyaratan pertanggungan. Asuransi comprehensive belum termasuk dengan perluasan, seperti perluasan banjir, perluasan RSCC atau perluasan TPL (Third Party Liability). Sedangkan asuransi total loss adalah asuransi yang mengcover kehilangan unit secara keseluruhan seperti akibat pencurian atau kerusakan parah dengan kerusakan secara keseluruhan berdasarkan estimasi bengkel mencapai 75% dari nilai pertanggungan unit.

 

Terkadang konsumen terkecoh dengan istilah comprehensive dan all risk. Hati-hati ya karena kedua istilah ini sangat berbeda dalam asuransi. Tidak seperti comprehensive, cakupan pertanggungan asuransi all risk lebih luas karena asuransi tersebut mengcover seluruh resiko yang menyebabkan kerusakan atau kerugian pada kendaraan anda. Namun cakupan pertanggungan ini dibatasi dengan pengecualian yang tertulis pada wording.

 

Cakupan pertanggungan dalam asuransi kendaraan bermotor mengacu pada POLIS STANDAR ASURANSI KENDARAAN BERMOTOR INDONESIA (PSAKBI) Berikut kutipan Bab 1 Pasal 1 dari Wording PSAKBI, menjelaskan tentang rincian yang dicover oleh Pihak Asuransi untuk comprehensive:

B A B I

J A M I N A N

PASAL 1

JAMINAN TERHADAP KENDARAAN BERMOTOR

Pertanggungan ini menjamin :

1. Kerugian dan atau kerusakan pada Kendaraan Bermotor dan atau kepentingan yang dipertanggungkan yang secara langsung disebabkan oleh :

1.1. tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, atau terperosok;

1.2. perbuatan jahat;

1.3. pencurian, termasuk pencurian yang didahului atau disertai atau diikuti dengan kekerasan ataupun ancaman kekerasan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 362, 363 ayat (3), (4), (5) dan Pasal 365 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana;

1.4. kebakaran, termasuk :

1.4.1. kebakaran akibat kebakaran benda lain yang berdekatan atau tempat penyimpanan Kendaraan Bermotor;

1.4.2. kebakaran akibat sambaran petir;

1.4.3. kerusakan karena air dan atau alat-alat lain yang dipergunakan untuk mencegah atau memadamkan kebakaran;

1.4.4. dimusnahkannya seluruh atau sebagian Kendaraan Bermotor atas perintah pihak yang berwenang dalam upaya pencegahan menjalarnya kebakaran itu.

2. Kerugian dan atau kerusakan yang disebabkan oleh peristiwa yang tersebut dalam ayat (1) Pasal ini selama Kendaraan Bermotor yang bersangkutan berada diatas kapal untuk penyeberangan yang berada di bawah pengawasan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, termasuk kerugian dan atau kerusakan yang diakibatkan kapal bersangkutan mengalami kecelakaan.  

Keseluruhan isi dari wording tersebut akan Anda miliki bersamaan dengan Polis Asuransi Anda. Jadi asuransi comprehensive belum termasuk dengan perluasan yang ada (banjir, RSCC, TPL). Jika Anda ingin perlindungan yang menyeluruh, pilihlah perluasan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Nah, itu dia penjelasan mengenai Asuransi Total Loss, Comprehensive dan Asuransi All-Risk. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa menghubungi live chat RaksaOnline!