FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI PREMI ASURANSI


Faktor yang Mempengaruhi Nilai Premi Asuransi

Apakah sebelum anda mencoba simulasi premi di raksaonline.com anda sudah mencari tahu besaran premi di asuransi lainnya? Atau anda sudah meminta penawaran premi pada agent yang biasa menangani anda? Penasaran kenapa nilai premi bisa berbeda-beda? Berikut beberapa alasan yang mendasari hal tersebut.

Sebenarnya tarif dasar untuk asuransi kendaraan bermotor sudah diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) namun tetap saja penawaran yang diterima untuk premi satu unit kendaraan yang sama dapat berbeda-beda. Perbedaan pertama yang jelas terlihat adalah dari diskon dan promo potongan harga lainnya yang diberikan oleh masing-masing asuransi. Namun selain itu ada juga faktor lain yang mempengaruhi nilai premi untuk kendaraan anda.

Setelah anda mendapat penawaran nilai premi apakah anda memperhatikan nilai pertanggungan yang diberikan oleh asuransi tersebut? Hal ini terlihat sepele namun sebenarnya sangat penting ketika anda mengalami kerugian total loss. Pastikan nilai yang anda pertanggungkan sesuai dengan harga pasar kendaraan saat ini. Harga pertanggungan yang lebih rendah memang akan membuat premi lebih murah, namun tentu anda tidak mau kan jika terjadi kerugian total loss perusahaan asuransi mengganti kerugian dengan nilai yang tidak sesuai dengan harga pasaran mobil saat ini? Anda harus mengeluarkan dana ekstra untuk kembali membeli mobil yang serupa dengan mobil anda yang mengalami kerugian total loss karena nilai penggantian yang diberikan asuransi tidak sesuai dengan harga mobil di pasaran.

Jika sebelumnya anda mengasuransikan mobil pada satu perusahaan asuransi dan akan melakukan perpanjangan maka perusahaan asuransi tersebut akan mengecek history anda selama menjadi konsumen pada asuransi tersebut. Bisa jadi saat perpanjangan polis anda mendapat premi yang lebih mahal karena anda dikenakan rate batas atas. Hal ini biasanya dilakukan jika history klaim anda buruk atau mobil anda akan membutuhkan penanganan khusus ketika melakukan klaim.

Satu hal lagi yang mempengaruhi premi anda yaitu usia kendaraan. Apakah anda sebelumnya pernah mendengar istilah loading rate? Loading rate adalah rate tambahan yang dikenakan jika kendaraan anda sudah melebihi batas maksimum usia kendaraan yang dapat di-cover dengan jenis coverage tertentu. OJK sendiri mengatur kendaraan yang di-cover  dengan asuransi comprehensive adalah maksimun 5 tahun. Jika melebihi itu maka kendaraan anda akan dikenakan loading rate sebesar 5% per tahun dari rate dasar.

Selalu periksa kembali setiap penawaran yang anda terima dan pilih asuransi sesuai dengan kebutuhan anda ya. Yuk beli asuransi melalui raksaonline.com, tentukan sendiri asuransi sesuai dengan kebutuhan anda dan dapatkan banyak promo menarik dari kami!