BACA INI SEBELUM TANDA TANGAN KONTRAK ASURANSI


Baca  ini  sebelum  tanda tangan  kontrak  Asuransi

Harus kita akui dilapangan, pengetahuan masyarakat kita tentang asuransi sangat terbatas. Kebanyakan masyarakat hanya tahu berapa premi yang harus dibayarkan tiap bulan atau tiap tahunnya. Bahkan ada juga yang lupa kalau punya asuransi dengan ketentuan dan manfaat seperti apa. Ada juga yang membeli asuransi karena reaktif : karena sudah berkeluarga dan punya anak, kemudian membeli asuransi tanpa tahu detail kebutuhan asuransinya. Mari sama-sama kita evaluasi kembali. Fungsi utama dari asuransi adalah untuk proteksi. Jika terjadi suatu risiko yang tidak diinginkan dan menimbulkan financial loss, maka kita tidak akan menerima dari fasilitas proteksi yang kita ambil dari perusahaan asuransi.

Beberapa Langkah Yang Bisa Kita Perhatikan Sebelum Membeli Asuransi (Membeli Sesuai Kebutuhan Kita)

Mari kita memilih jenis proteksi yang sesuai kebutuhan kita. Perhatikan financial loss yang mungkin terjadi. Jika sakit, kita akan mengeluarkan sejumlah dana untuk biaya berobat, maka diperlukanlah asuransi kesehatan. Jika terjadi tabrakan, atau kejadian pada kendaraan, maka akan diperlukan dana untuk memperbaiki kendaraan kita untuk bengkel dan body repair, jadi diperlukan asuransi kendaraan. Atau jika pemberi nafkah utama keluarga meninggal , maka keluarga yang ditinggalkan memerlukan sejumlah uang agar dapat bertahan hidup, jadi diperlukanlah asuransi jiwa. Kebutuhan proteksi sangat bergantung pada kondisi hidup dan gaya hidup masing-masing orang. Jangan sembarang membeli asuransi !! Jangan lupa ada premi asuransi yang harus dibayar beserta biaya-biaya sesuai dengan fasilitas proteksi yang diambil. karena itu prioritaskan proteksi apa yang harus diambil terlebih dahulu.

PERIKSA PROSEDUR DAN PERSYARATAN KLAIM

Manfaat membeli produk asuransi adalah perlindungan. Kita sering tidak sadar sedang dilindungi oleh asuransi. Asuransi diumpamakan sebuah ban cadangan kendaraan yang bisa disimpan rapi didalam mobil. Saat kita melakukan perjalanan dengan mobil dan semuanya berjalan dengan baik-baik dan tidak ada kendala apapun dengan ban nya maka tidak perlu menggunakan ban cadangan. Namun saat terjadi masalah dengan ban seperti bocor, sobek, atau rusak sehingga mobil tidak bisa berjalan. maka dipergunakanlah ban cadangan tersebut. Untuk memastikan perlindungan ini setara dengan kebutuhan kita, perhatikan prosedur dan persyaratan klaim.

KEMAMPUAN KITA UNTUK MEMBAYARKAN PREMI

Dalam kita membeli sesuatu selalu disesuaikan dengan pendapatan dan pengeluaran kita. Demikian dengan membali polis asuransi kita harus membayar premi asuransi agar dapat menikmati fasilitas dari proteksi asuransi tersebut. Jadi jangan sampai kita membeli produk lebih tepatnya fasilitas yang tidak dibutuhkan, atau sebaliknya membeli produk dengan fasilitas yang sangat luar biasa namun tidak mampu untuk membayarnya.