AYO TEST HIV!


Ayo Test HIV!

Hari AIDS Sedunia diperingati setiap 1 Desember. Peringatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS di seluruh dunia yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV. Setiap tahunnya Hari AIDS Sedunia, tepat pada 1 Desember ini diperingati dengan sosialisasi tentang penyakit AIDS.

Pencetusan Hari AIDS pertama kali oleh James W. Bunn dan Thomas Netter Agustus 1987. Mereka adalah dua pejabat informasi masyarakat untuk Program AIDS Global di Organisasi Kesehatan Sedunia di Geneva, Swiss. Ide tersebut diajukan dan disetujui oleh Dr. Jonathan Mann, selaku Direktur Program AIDS Global. Pada 1998 dirapatkan di Pertemuan Menteri Kesehatan sedunia mengenai program-program untuk pencegahan AIDS. Sejak saat itu, tanggal 1 Desember diperingati sebagai hari AIDS diseluruh dunia. Baru di tahun 2004 kampanye Hari AIDS ini menjadi organisasi independen.

Simbol pita merah digunakan untuk melambangkan perang terhadap AIDS dan menjadi simbol keprihatinan terhadap penderita AIDS. Simbol pita untuk mempersatukan dunia agar peduli terhadap penyebaran AIDS. Sedangkan warna merah melambangkan darah, gairah untuk hidup, dan melawan penyakit.

Setiap tahunnya UNAIDS mengeluarkan tema tahunan, dan di tahun 2018 ini bertamakan “Know Your Status”. Kampanye 2018 ini bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk test HIV dengan membuka post-post untuk test HIV.