PERKIRAAN NILAI KLAIM INDONESIA AKIBAT BENCANA


Perkiraan Nilai Klaim Indonesia Akibat Bencana

Dalam rentang waktu baru-baru ini, Indonesia dilanda dua bencana di Lombok dan Palu. Industri asuransi diperkirakan mengalami kerugian karena kenaikan jumlah klaim akibat bencana tersebut.


Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) mengatakan bahwa kejadian bencana gempa bumi memang frekuensinya tidak rutin terjadi. Namun saat bencana melanda dampaknya cukup besar bagi beban klaim.


Dengan terjadinya dua bencana di tahun ini, maka muncul potensi kenaikan klaim cukup besar. Indonesia Re mencatat total klaim reasuransi umum yang diakibatkan bencana alam selama tahun 2018 mencapai lebih dari Rp 284 miliar.


Proteksi terhadap risiko gempa bumi memang dijual terpisah oleh perusahaan asuransi Raksa Online. Perluasan ini merupakan perluasan pilihan.


Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa mendatang. Untuk itu sebagai upaya pencegahan disarankan untuk mempersiapkan segalanya. Termasuk juga dengan berasuransi. Sisihkan anggaran finansial dalam hal asuransi.

 

Winarto, Yudho. 2019. Indonesia Re: Klaim reasuransi umum akibat bencana 2018 capai Rp 284 miliar. Kontan mengutib TribunNews.com. Jakarta