TIPS AMAN BERKENDARA SELAMA MUSIM HUJAN


Tips Aman Berkendara Selama Musim Hujan

Hujan merupakan salah satu faktor pemicu kecelakaan lalu lintas jalan. Berdasarkan data Korps Lalu Lintas Mabes Polri di tahun 2011, tercatat 4.020 kasus kecelakaan saat hujan atau setara 68,91% faktor alam.

Di musim penghujan pengemudi harus lebih meningkatkan kewaspadaan dalam berkendara. Kondisi jalan yang licin menjadi salah satu faktor penyebab kecelakaan lalu lintas. Butuh keterampilan berkendara yang memadai untuk melakukan pengereman yang tepat saat berkendara di musim hujan. Jika tidak, kendaraan dapat tergelincir sehingga bisa‎ berakibat fatal bagi pengendara maupun pengguna jalan lainnya.

Mengingat hal itu, Raksa Online berbagi tips yang dapat membantu Anda tetap aman dan menghindari insiden yang tidak diinginkan saat mengemudi di musim hujan ini.

Fokus

Bedakan cara mengemudi dengan cuaca ideal dan non ideal. Cuaca hujan dikategorikan sebagai kondisi kurang ideal dalam berkendara. Ketika berkendara di cuaca kurang ideal tersebut ada baiknya mengemudi dengan lebih fokus demi meningkatkan kesigapan.

Menyalakan Lampu Depan

Hampir semua negara di dunia membuat regulasi agar lampu depan menyala terlebih jika jarak pandang Anda terganggu. Termasuk saat hujan. Namun selain lampu depan, ada baiknya wiper dan ban diperiksa terlebih dahulu untuk mengurangi risiko kecelakaan.

Waspada Pengendara Motor

Ekstra hati-hati dengan menggabungkan jalur. Pengemudi harus mengemudi dengan defensif dan mengambil tindakan pencegahan ketika ada penggabungan jalur untuk mencegah tabrakan.

Hindari Hydroplanning

Hyrdroplanning adalah situasi dimana mobil dikendarai dengan kecepatan tertentu saat jalanan basah, maka ban bisa mengambang bahkan tidak menyentuh permukaan jalan karena ban tak mampu membelah air.

Biasanya, terjadinya hyrdroplanning dikarenakan kecepatan mobil lebih dari 60 km  per jam. Adapun penanggulangannya kurangi kecepatan secara perlahan dan arahkan lingkar kemudi hingga lurus kembali.

Kurangi Kecepatan

Rambu batas kecepatan dirancang untuk kondisi ideal. Artinya  Jika pemahaman batas kecepatan yang baik maka akan lebih baik pemahaman kondisi lalu lintas dan visibilitas. Dianjurkan melaju secara perlahan agar sampai selamat sampai tujuan.


Muhardi, Herdi. 2018. 5 Tips Aman Berkendara Saat Hujan. Mengutip liputan6.com