TIPS AMAN BERKENDARA BAGI PEMULA


Tips Aman Berkendara bagi Pemula

Sebagai pengemudi pemula, atau baru bisa mengendarai mobil sendiri, memang lazim melakukan kesalahan. Hal ini dikarenakan kurangnya pengalaman dalam berkendara. Hal dasar dalam pengenalan mobil yang dikendarai pun perlu dikuasai agar tidak menjadi masalah dalam berkendara.

Penting belajar mengemudi di jalan raya bagi pemula dikarenakan teorinya berbeda dengan praktek di lapangan. Jika tidak, maka resikonya adalah kecelakaan lalu lintas hingga merenggut nyawa. Berikut tips Raksa Online dalam berkendara bagi pemula.

 

Fokus dalam berkendara

Lebih dari sepertiga pengendara motor meninggal karena kecelakaan setelah meminum minuman berakohol sesaat sebelum berkendara. Bahkan satu gelas bir pun dapat berdampak karena tingkat ketahanan setiap orang berbeda. Hindari hal ini. selalu utamakan keselamatan diri sendiri, penumpang, dan pengendara lain.

Kuasai teknik pengereman

Dalam situasi perkotaan yang cenderung padat lalu lintas dan penuh dengan kemacetan, tentunya diperlukan kemampuan pengereman yang handal, untuk mengurangi resiko kecelakaan lalu lintas. Adanya fitur Anti-Lock Braking System (ABS) dapat membantu memudahkan pengendara dalam menguasai teknik pengereman tersebut.

Hati-hati dengan perempatan jalan

Selalu patuhi rambu lalu lintas, terutama ketika berada di perempatan jalan. Hal ini akan mengurangi tingkat resiko kecelakaan. Berhenti di tempat yang semestinya dan berjalan sesuai dengan rambu-rambu yang tepat.

Perhatikan penggabungan jalan

Berkendaralah di jalur aman. Hindari melewati celah blindspot dan usahakan berada di zona terbuka. Hal ini bertujuan agar memudahkan pengendara lain untuk mengetahui keberadaan Anda. Selalu pastikan Anda berkendara di jalur yang benar. Perhatikan apakah Anda berada di jalur cepat, lambat, atau saat ada penggabungan lalu lintas.

Cek spion ketika ingin bermanuver

Selalu cek spion untuk mengantisipasi ancaman dari belakang maupun dari samping apabila hendak bermanuver seperti menyalip atau sebagainya. Kaca spion difungsikan untuk meminimalisir blindspot, sehingga pengendara dapat memantau posisi lingkungan sekitar.

 

(Prayogi, Gesit. 2018. 4 Tips Aman Berkendara di Ruas Fungsional Jalan Tol Baru Trans Jawa. Mengutip Kumparan.com)

(Pistonerseastriders's Blog. 2010. TIPS SELAMAT BERKENDARA DI JALAN RAYA. Mengutip WordPress.com)