HAL YANG MEMBUAT MOBIL ANDA BISA JADI BOROS


Hal yang Membuat Mobil Anda Bisa Jadi Boros

Teknologi electronic fuel injection menyebabkan konsumsi BBM kendaraan bermotor menjadi semakin berkurang. Namun teknologi tidak sempurna dan kenyataannya masih banyak mobil injection yang boros bensin. Lantas apa penyebannya?

Kotornya filter udara

Salah satu penyebab mobil boros bensin ialah kotornya filter udara dalam mobil. Kotornya filter udara dalam mobil tanpa disadari menghambat aliran udara. Hal tersebut juga berdampak pada performa mobil terutama bagian pacu sehingga menimbulkan gejala knocking.

Adanya kerak di ruang mesin

Selain filter udara yang kotor, penyebab mobil menjadi lebih boros BBM ialah karena adanya kerak di ruang mesin. Kerak yang terdapat di ruang mesin tanpa disadari membuat volume ruang bahan bakar pada akhirnya menjadi lebih berkurang sehingga tenaga mesin yang dihasilkan juga akan semakin kecil.

Mesin belum tune up

Yang terakhir mobil bisa boros itu dikarenakan faktor mesin itu sendiri. Ada banyak hal yang memerlukan perawatan. Seperti busi, celah katup, dan injector.

Komponen tersebut sangat berpengaruh terhadap konsumsi bensin pada suatu mesin. Sehingga jika tidak terawat, maka konsumsi bensin juga bisa tidak teratur.

Solusinya mudah, yaitu servis  mobil Anda ke bengkel terdekat.

Oli matic belum diganti

Pada mobil matic, penggantian oli transmisi menjadi perawatan yang tak boleh dilupakan. Karena sistem kerja transmisi ini sangat dipengaruhi oleh gerakan hidrolik dari oli transmisi.

Saat oli transmisi sudah jelek dan tidak diganti maka proses perpindahan putaran dan proses perubahan momentum akan terganggu. Sehingga menimbulkan masalah-masalah seperti top speed menurun, power mobil kurang, bensin lebih boros, ada hentakan saat perpindahan gigi matic.

Solusinya yaitu melakukan penggantian oli matic setiap 30.000 KM sekali.

Kebocoran Air Radiator

Kebocoran di air radiator merupakan penyebab mobil injeksi boros bahan bakar.  Air bercampur ke dalam ruang bahan bakar bisa membuat mobil kurang bertenaga dan tentu bahan bakar lebih boros.

Overheat

Overheating biasanya disebabkan oleh kegagalan fungsi pada radiator, yang berperan untuk mendinginkan mesin. Karena terlalu panas, kerja mesin yang berat membutuhkan bahan bakar ekstra. Sehingga pencegahannya adalah dengan melakukan pengecekan pada air radiator apakah penuh atau tidak.


Muchta, Amrie. 2018. Mengutip autoexpose.org