PERHATIKAN KONDISI ANDA SAAT MENYETIR MOBIL DI BULAN PUASA


Perhatikan Kondisi Anda saat Menyetir mobil di Bulan Puasa

Bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah segera tiba. Ramadhan adalah bulan yang dinantikan oleh umat muslim, dimana seluruh umat muslim diwajibkan untuk menjalani ibadah puasa, menahan lapar, dahaga serta emosi selama lebih dari 12 jam setiap hari selama sebulan penuh. Dan dapat berbahagia setelahnya  di hari Idul Fitri.

Berpuasa memang akan berdampak pada badan yang terasa lemas dan mengantuk sehingga mengurangi tingkat konsentrasi dan kewaspadaan saat beraktivitas. Khususnya bagi pengendara mobil, yang bisa sangat membahayakan. Bahaya berkendara mobil saat mengantuk sama besarnya dengan saat mabuk. Refleks menjadi lambat, kehilangan kemampuan untuk membaca jalanan, dan kurang menyadari kondisi sekitar, sehingga dapat berujung pada kecelakaan.

Perhatikan kondisi tubuh Anda sebelum menyetir, untuk menjaga keamanan dan kenyamanan saat menyetir. Sebisa mungkin jangan paksakan untuk menyetir bila mengalami rasa kantuk berat untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan mobil. Berikut sinyal tubuh yang harus Anda sadari:

1. Kehilangan konsentrasi, bengong, pikiran melayang ke mana-mana, atau pikiran  kosong

2. Kantung mata terasa berat dan berulang kali salah melihat rambu lalu lintas

3. Menguap terus-menerus serta mata terasa pedih bersamaan dengan frekuensi berkedip semakin sering

4. Sulit menjaga kepala tetap tegak

5. Mudah terpancing emosi, terlebih dengan pengendara mobil lain

6. Tidak sadar sudah melewati jalan dan kesulitan untuk menyetir dengan lurus

Keselamatan adalah hal yang terpenting dalam berkendara mobil. Oleh karena itu, perhatikan kondisi Anda sebelum menyetir dan perhatikan secara berkala kelayakan mobil Anda untuk menghindari kecelakaan. Untuk menambah rasa aman dalam berkendara mobil, asuransikan mobil Anda di https://www.raksaonline.com.