TIPS MENGHINDARI KECELAKAAN SAAT BERKENDARA


Tips Menghindari Kecelakaan Saat Berkendara

Lakukan pemeliharaan berkala kondisi kendaraan Anda

Selain memperpanjang usia mobil, pemeliharaan kendaraan merupakan faktor yang juga tidak kalah penting untuk keselamatan berkendara. Dengan begitu, pemilik akan menyadari dan mendeteksi sejak dini apa saja masalah-masalah mobil yang tengah dialami mobilnya sebelum masalah itu menjadi besar mengakibatkan hal yang fatal, seperti kecelakaan.

Salah satu masalah pemeliharaan paling umum yang dapat menyebabkan kecelakaan adalah pada area mesin, seperti oli mesin hingga kondisi ban. Untuk menambahkan keamanan selama berkendara, segera lindungi mobil dari hal-hal tak terduga, seperti tabrakan, benturan, tertimpa, pencurian spion, perbuatan jahat, tersambar petir, hingga pencurian kendaraan serta tabrakan mobil, seperti yang ditawarkan oleh perlindungan di Asuransi RaksaOnline.

Selalu patuhi rambu lalu lintas

Rambu lalu lintas berfungsi sebagai penunjuk jalan dan sebagai aturan agar lalu lintas lebih tertib. Dengan tertib berkendara, maka akan meminimalisir resiko kecelakaan. Sehingga salah satu prinsip dasar dalam aman berkendara adalah selalu mematuhi rambu lalu lintas.

Gunakan sabuk pengaman

Jangan menggunakan sabuk pengaman hanya karena takut pada polisi. Sabuk merupakan salah satu alat keselamatan di dalam mobil yang dapat menyelamatkan nyawa Anda. Maka sangat penting agar para pengemudi tidak mengabaikan pentingnya menggunakan sabuk pengaman.

Cek penglihatan Anda

Jika Anda memiliki masalah dengan penglihatan, gunakanlah kaca mata atau sarana pendukung lainnya setiap kali mengemudi mobil. Pandangan yang tidak jelas saat mengemudi tidak hanya akan membahayakan diri dan penumpang Anda, namun juga pengendara lain serta orang disekitar.

Cukup tidur

Kurang tidur adalah sumber utama dari hilangnya konsentrasi dalam berkendara, bengong, pikiran melayang ke mana-mana, atau pikiran  kosong. Bahaya berkendara mobil saat mengantuk sama besarnya dengan saat mabuk. Refleks menjadi lambat, kehilangan kemampuan untuk membaca jalanan, dan kurang menyadari kondisi sekitar, sehingga dapat berujung pada kecelakaan.

Jangan berkendara sambil menelepon

Menelpon saat mengemudi sangat berbahaya karena konsentrasi mengemudi akan terbagi, menyebabkan tingkat risiko terhadap kecelakaan meningkat. Meski saat menelpon mata masih tetap melihat ke depan namun konsentrasi otak cendrung terpusat pada handphone. Akibatnya fokus berkendara akan hilang dan  menyebabkan menurunnya kewaspadaan.


(Mengutip ntmcpolri.info dan acc.co.id)