APA SIH HARI TANPA KANTONG PLASTIK SEDUNIA ITU?


Apa sih Hari Tanpa Kantong Plastik Sedunia itu?

Setiap tahunnya, tanggal 3 Juli diperingati sebagai International Plastic Bag Free Day atau Hari Tanpa Kantong Plastik Sedunia. Tujuannya untuk mengajak seluruh warga di dunia untuk mengambil tindakan dalam meningkatkan kesadaran akan bahaya dari kantong plastik sekali pakai. Dengan adanya Hari Tanpa Kantong Plastik Sedunia, diharapkan masyarakat dunia semakin mengurangi penggunaan kantong plastik dan semakin memahami bahwa kantong plastik merupakan ancaman yang besar bagi lingkungan yang dapat mencemari bumi.

Berdasarkan penelitian, kantong plastik memerlukan waktu hingga ratusan tahun untuk dapat terurai. Data dari Loveyourearth.org menunjukan ada sekitar 2 juta kantong plastik yang digunakan setiap menit di seluruh dunia, 50% bahkan hanya digunakan sekali saja sebelum akhirnya dibuang. Berdasarkan kajian Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di 2016, 1 orang di Indonesia berkontribusi menghasilkan 700 sampah plastik per tahun. Data itu akhirnya membuat pemerintah kita turun tangan dan memperkenalkan Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP) sejak tahun 2016 di beberapa wilayah Indonesia. Salah satu kebijakan yang dikeluarkan adalah mengharuskan konsumen untuk membayar Rp200 untuk setiap kantong plastik yang digunakan di minimarket maupun toko-toko retail lainnya dengan harapan hal itu akan membuat orang tidak ingin menggunakan plastik.

Diet kantong plastik bisa menjadi salah gaya hidup dan perilaku yang bisa kita lakukan untuk mengurangi permasalahan sampah. Bayangkan bumi tanpa sampah. Kita sendiri yang mendapat keuntungan dari bersihnya lingkungan bumi kita. Semua dimulai dari diri sendiri, kita menjadi bagian dalam menyebarkan langkah positif ini. Yuk, bersama-bersama menjaga bumi dari pencemaran lingkungan.

Kalau untuk melindungi bumi bisa dengan mengurangi pemakaian kantong plastik, kalau untuk melindungi mobil Anda dengan asuransi mobil dari RaksaOnline. Dengan membeli asuransi mobil RaksaOnline, Anda tidak perlu khawatir lagi untuk mengganti kerusakan akibat kecelakaan mobil. Asuransi mobil RaksaOnline solusi perlindungan mobil Anda.