GERAKAN RAKSAONLINE PEDULI LINGKUNGAN BERSAMA GIDKP


Gerakan RaksaOnline Peduli Lingkungan Bersama GIDKP

Setiap tahunnya 3 Juli diperingati sebagai International Plastic Bag Free Day atau Hari Tanpa Kantong Plastik Sedunia. Tujuannya adalah mengajak seluruh dunia untuk mengambil tindakan dalam meningkatkan kesadaran akan bahaya dari kantong plastik sekali pakai yang merupakan ancaman yang besar bagi lingkungan karena dapat mencemari bumi.

Dalam rangka Hari Tanpa Kantong Plastik Sedunia, RaksaOnline melakukan gerakan bersama Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP) berupa event sosial peduli lingkungan : ‘Rampok Kantong Plastik”, yang dilakukan di kawasan CFD FX Sudirman pada tanggal 7 Juli 2019 di jam 07:30 pagi. Event sosial ini dilakukan dengan merampok kantong plastik di kawasan CFD dan menggantikannya dengan tas daur ulang milik RaksaOnline dan GIDKP. Dengan event sosial ini, diharapkan masyarakat dapat semakin peduli lingkungan dan menyadari bahwa penggunaan kantong plastik merupakan ancaman yang besar bagi lingkungan hingga mencemari bumi. Bila lingkungan tercemar, tentu akan berdampak pada manusia. 

Sebagai warga yang peduli terhadap lingkungan, mulai dengan hal-hal kecil yang bisa dilakukan sendiri untuk mengurangi penggunaan plastik, seperti : membawa kotak makan dan botol minum sendiri, menggunakan tas daur ulang saat grocery shopping, tidak lagi menggunakan sedotan plastik, mengurangi penggunaan tisu basah, ataupun menggunakan produk dengan yang dikemas dengan beling kaca atau karton.

Bila ingin lingkungan yang bersih, mulailah menjadi pribadi yang bersih terlebih dahulu. Belajar cintai lingkungan dan hindari aktivitas yang bisa merusak lingkungan, seperti membuang sampah sembarangan dan mengurangi penggunaan produk dengan bahan plastik.