JADI, TIPE KECERDASAN MANA YANG DIMILIKI ANAK, BUNDA?


Jadi, Tipe Kecerdasan Mana yang Dimiliki Anak, Bunda?

Setiap anak dianugrahi kecerdasan yang berbeda-beda, kemampuan dan keterampilan anak menunjukkan berbagai tipe kecerdasan anak. Bunda, yuk kenali kemampuan anak yang paling menonjol untuk tahu tipe kecerdasan anak.

1. Jago dengan kata-kata

Jika anak banyak bicara dari kecil, suka membaca, atau selalu mencoba kosakata baru yang berbeda, maka ia mungkin unggul dalam kecerdasan linguistik dan verbal.

Dukung kecerdasan anak dengan sering mengajaknya bercerita, membaca bersama, membacakan dongeng, atatu melakukan dialog berdua dengan anak.  

2. Berbakat dengan gambar

Anak yang unggul dalam jenis kecerdasan spasial ini cenderung tertarik pada gambar dan memiliki memori yang tajam.

Untuk mendukung kecerdasannya, berikan buku gambar dan perlengkapan untuk mewarnai seperti kuas dan cat air, ataupun kamera. Sering-seringlah melakukan kegiatan menggambar bersama hingga mengunjungi museum seni. 

3. Jago musik dan nada

Apakah anak senang bernyanyi atau mendengarkan musik? Atau sering membajak panci dan galon air untuk menciptakan suara? Maka kemungkinan anak memiliki kecerdasan musikal. 

Untuk mendukung minat anak di bidang musik, berikan alat musik seperti drum kecil, keyboard, piano, atau pianika. Ajak si kecil bermain musik bersama, bernyanyi, mendengarkan musik, bahkan mengajaknya menonton konser musik anak-anak. 

4. Introspektif

Beberapa anak pandai memahami perasaannya sendiri. Mereka mampu memberi label apakah mereka sedang sedih, marah, frustasi, dan sebagainya. Dukung kecerdasan intrapersonal dengan mengajak si kecil berbicara mengenai perasaannya dan menanyakan pendapat mereka tentang berbagai hal. 

5. Berpikir logis dan bisa memecahkan masalah matematika

Anak yang berbakat dengan angka dan memiliki kemampuan berpikir logis akan jago untuk berpikir kritis serta memecahkan permasalahan secara umum. Dukung kecerdasannya dengan mengajak anak mengunjungi museum ilmu pengetahuan, mengajak anak bermain sambil menghitung, atau bermain monopoli. 

6. Jago olahraga dan atletik

Apa anak suka berlari dan melompat? Apa mereka selalu aktif bergerak? Merasa kesulitan mengikuti energinya yang seolah tak ada habisnya? Bila iya, maka kemungkinan anak memiliki kecerdasan tubuh dan gerakan.

Untuk mendukung kecerdasannya, berikan anak mainan balok-balok kayu, kantong pasir agar ia bisa membuat suatu bangunan atau rumah-rumahan. Bisa juga memberikan anak tali untuk bermain lompat tali. 

7. Mahir berkomunikasi dengan orang lain

Beberapa anak lahir dengan lidah yang fasih untuk berbincang dengan orang lain. Mereka cepat berteman bahkan dengan orang yang baru ditemui dan mampu memahami perasaan orang lain. Untuk tipe kecerdasan interpersonal, bisa mengajak anak bermain bersama di luar rumah atau sering mengajak si kecil datang ke acara keluarga untuk bersosialisasi.

8. Menyukai alam dan binatang

Anak senang memperhatikan serangga? Mereka tertarik dengan binatang? Atau mereka menunjukkan penghargaan terhadap alam?

Anak-anak yang memiliki kecerdasan naturalis sangat suka bermain di alam, menyukai binatang, memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan suka dengan tanaman. Untuk mendukungnya, berikan anak binatang peliharaan, akuarium, atau sediakan lahan untuk berkebun. 

Jadi, tipe kecerdasan mana yang dimiliki anak, Bun?