ISI BAHAN BAKAR ADA WAKTU TERBAIKNYA LHO..


Isi Bahan Bakar Ada Waktu Terbaiknya Lho..

Yuk, temenin ke pom bensin, abis nih”

Kapan biasanya kalian isi bahan bakar kendaraan (bensin) kalian? Ya, pastinya saat indikator bahan bakar kendaraan kita udah mendekati huruf “E”, kan? Tapi, sebenarnya, selain karena faktor di atas, mengisi bahan bakar juga ada watu terbaiknya lho. Terus kapan dong?


Waktu pengisian bahan bakar akan mempengaruhi kualitas bahan bakar yang akan masuk ke dalam tangki kendaraan kita. Waktu ternyata berhubungan erat dengan suhu. Pada saat suhu bumi dingin itu lah waktu terbaik untuk mengisi bahan bakar kendaraan kita. Hal ini dikarenakan pada saat suhu bumi dingin, endapan yang terdapat dalam tangki atau deposit bahan bakar yang terdapat di bawah permukaan tanah, berada di posisi dasar tangki atau deposit. Sehingga endapan tersebut tidak terbawa atau terangkut ke dalam tangki kendaraan kita.


Bayangkan saat jika kita melakukan pengisian bahan bakar saat siang hari, saat suhu bumi panas, endapan yang terdapat di dalam tangki penyimpanan bahan bakar akan berada pada posisi melayang-layang, yang artinya endapan tersebut akan berpotensi besar terangkut ke dalam tangki kendaraan kita. Sehingga tangki bahan bakar kendaraan kita akan menjadi kotor, dan akan berdampak pada kualitas mesin kendaraan kita.


Lantas kapan waktu terbaiknya? Suhu bumi mulai dingin saat malam hari, karena sudah tidak ada supply panas dari cahaya matahari. Adapun waktu terbaiknya, yaitu saat tengah malam, tepatnya sekitar pukul 02.30. Rekomendasi pengisian bahan bakar kendaraan pada waktu tersebut terlihat kurang efisien, karena biasanya pada waktu tersebut kita sedang terlelap tidur. Sebenarnya, ada alternatif lain untuk mengisi bahan bakar, yaitu saat pagi hari, tepatnya sebelum kita memulai rutinitas harian. Saat pagi hari, paparan sinar matahari yang menyentuh permukaan bumi masih bisa dikatakan aman, dan belum berdampak besar terhadap kenaikan suhu permukaan bumi di sekitar deposit bahan bakar.


Mengisi bahan bakar saat suhu bumi sedang dingin juga akan berpengaruh pada kuantitas atau volume bahan bakar yang akan kita dapatkan. Pada saat suhu dingin, densitas bahan bakar akan lebih tinggi, dengan begitu kita akan memperoleh volume bahan bakar yang lebih banyak. Akan tetapi, untuk pengisian harian – seperti yang kita lakukan untuk kendaraan kita – sepertinya tidak terlalu bedampak besar. Selisih yang akan kita dapatkan saat pengisian siang dan malam relatif kecil. Ini akan berpengaruh cukup besar saat untuk keperluan industri atau saat kita melakukan pengisian bahan bakar dengan skala besar.


Selain waktu, ada hal lain yang harus diperhatikan saat hendak mengisi bahan bakar. Sebaiknya kita tidak mengisi bahan bakar kendaraan saat sedang ada pengisian deposit. Pada kondisi ini, endapan yang terdapat dalam deposit akan terangkat dan melayang-layang karena proses pengisian tersebut. Hasilnya akan sama seperti kita melakukan proses pengisian bahan bakar saat suhu bumi sedang panas.


Beberapa hal di atas (waktu, suhu, dan kondisi) menjadi acuan untuk mendapatkan kualitas bahan bakar kendaraan terbaik, yang akan berpengaruh pada kendaraan kita tentunya. Hal tersebut sama seperti memilih asuransi mobil yang tepat untuk kendaraan kita. Dengan kualitas yang terbaik, RaksaOnline hadir untuk kamu. Dengan pelayanan yang prima dan terdepan, kami bukan hanya siap menjaga kendaraan kamu, tapi kami juga siap menjaga kamu dalam berkendara.