YUK, LEBIH FOKUS PERSIAPKAN FISIK DAN KENDARAAN DARIPADA FOKUS PADA HAL-HAL DI LUAR NALAR AGAR TERHINDAR DARI KECELAKAAN


Yuk, Lebih Fokus Persiapkan Fisik dan Kendaraan daripada Fokus pada Hal-hal di Luar Nalar agar Terhindar dari Kecelakaan

Jalan menjadi hal penting bagi keberlangsungan berbagai hal, mulai dari keperluan mobilitas sehari-hari hingga keperluan ekonomi sangat mengandalkan fasilitas yang satu ini. Oleh karena tuntutan mobilitas yang sangat tinggi, tidak heran jika aktivitas di sekitar jalan tidak ada matinya. Di balik padatnya hilir-mudik kendaraan di jalan, terdapat satu hal yang mengintai setiap pengendara di mana pun dan kapan pun itu, yaitu ancaman terjadinya kecelakaan lalu lintas yang bisa menimpa siapa saja. Meskipun tidak ada yang bisa memastikan kapan dan di mana lokasi terjadinya sebuah kecelakaan, tetapi kadang, kecelakaan lalu lintas terjadi dengan pola (waktu dan lokasi yang mirip dengan kejadian sebelumnya di sekitar area yang bersangkutan).

 

Tidak heran, dengan adanya “pola” tertentu yang menyelingkupi sebuah peristiwa kecelakaan, maka timbul lah berbagai asumsi tentang penyebab sebuah peristiwa kecelakaan. Ada yang mengaitkannya dengan topografi area kecelakaan, tapi ada pula yang mengaitkannya dengan adanya “kekuatan lain” yang menjadi penyebab terjadinya sebuah kecelakaan lalu lintas. Untuk hal yang kedua seperti di atas, hingga saat ini masih banyak yang mengaitkan dan memercayainya.

 

Pandangan tersebut dapat terjadi karena tidak sedikit kejadian atau peristiwa kecelakaan lalu lintas terjadi dengan alasan yang kurang bisa diterima oleh akal atau logika. Sehingga alasan adanya kekuatan gaib tersebut yang menjadi kambing hitamnya. Masih berkembangnya alasan dan pandangan tersebut ketika terjadi sebuah kecelakaan lalu lintas di wilayah atau area yang bersangkutan, bukan menjadi hal yang harus terus dibesarkan-besarkan, tanpa mengurangi rasa hormat kepada mereka yang meyakini bahwa “kekuatan” tersebut yang menjadi penyebab sebuah kecelakaan.

 

Selain faktor di atas, sebenarnya ada hal yang lebih harus diperhatikan oleh setiap pengendara demi menghindari atau mengurangi resiko terjadinya kecelakaan. Setidaknya terdapat beberapa hal yang bisa dijadikan acuan dan menjadi perhatian bagi para pengendara agar berkendara tetap aman dan selamat sampai tujuan. Adapun beberapa hal tesebut di antaranya, kondisi pengemudi dan kendaraan, dan menaati berbagi rambu lalu lintas.

 

Kondisi pengemudi dan kendaraan yang prima merupakan hal yang wajib diperhatikan oleh setiap pengguna jalan, sekalipun berkendara dalam jarak dekat. Banyak kejadian kecelakaan yang terjadi di jalur besar, seperti jalan toll yang menghubungkan antarkota bahkan antarprovinsi dikarenakan kondisi pengemudi dan/atau kendaraan yang kurang prima. Jangan memaksakan kondisi fisik jika memang harus beristirahat, maka beristirahatlah sejenak.

 

Terlebih, jika berkendara saat malam hari, karena jarak pandang akan semakin terbatas; ditambah lagi pantulan cahaya lampu kendaraan yang datang dari arah berlawanan kadang membuat pengendara menjadi kehilangan fokus. Kemudian, kondisi kendaraan yang prima, juga menjadi salah satu indikator aman berkendara. Dengan kondisi pengemudi dan kendaraan yang prima, maka indikator keselamatan dalam berkendara akan semakin tinggi.

 

Selain itu, memperhatikan setiap rambu lalu lintas yang terdapat di sepanjang jalan. Terlebih lagi jika kita baru pertama kali mengemudi di daerah tersebut, memperhatikan setiap rambu, sangat lah penting. Khusus di daerah yang memang rawan kecelakaan, biasanya telah terpasang rambu rawan kecelakaan, yang bisa kita jadikan pengontrol diri saat berkendara di daerah tersebut. Selain itu, kita juga harus memperhatikan rambu-rambu lain, seperti rambu yang menunjukkan turunan, tanjakkan, kelokan, dan rambu lainnya juga yang menjadi acuan kita dalam berkendara.

 

Kondisi fisik pengendara dan kendaraan yang sudah prima, serta fokus pada setiap rambu lalu lintas saat berkendara, telah menjadi beberapa hal yang mendukung kita demi berkendara yang aman. Selain itu, rasa aman kita dalam berkendara juga bisa dilengkapi dengan asuransi mobil yang melindungi kita dan kendaraan kita. Keamanan berkendara dapat kita rasakan dengan asuransi mobil yang ditawarkan oleh RaksaOnline. Didukung dengan sistem digital yang telah mengikuti perkembangan zaman, dan ditambah lagi dengan proses klaim yang mudah, berkendara aman dan nyaman bukan jadi mimpi lagi. Kapan pun dan di mana pun kita berkendara, RaksaOnline siap menjagamu sepenuhnya.