BERKENDARA DI MUSIM HUJAN? YUK, PERHATIKAN WIPER MOBILMU


Berkendara di Musim Hujan? Yuk, Perhatikan Wiper Mobilmu

Musim hujan tiba, tapi tetap harus berkendara? Berkendara di musim hujan bukan menjadi masalah besar, jika kita telah melakukan persiapan yang tepat, baik persiapan untuk kendaraan atau untuk diri sendiri. Jika membahas persiapan untuk kendaraan, salah satu hal yang harus diperhatikan, yaitu kondisi fisik kendaraan. Misalnya, memperhatikan kondisi wiper mobil. Apa masih baik dan prima kondisinya, sehingga dapat digunakan secara optimal saat musim hujan seperti ini. Jika kondisi wiper sudah tidak bagus, dan harus mendapat “upgrade”, maka kamu sebaiknya kamu paham jenis-jenis wiper yang ada saat ini, sehingga tepat digunakan untuk mobilmu. Berikut di antaranya.

  • Wiper konvensional

Jika kamu pencinta mobil antik atau mobil keluaran lama, kamu sepertinya akan familiar dengan wiper jenis ini. Wiper yang berbahan karet ini hanya terdapat pada mobil-mobil keluaran lama, dan sayangnya untuk kendaraan keluaran terbaru seperti yang sering ditemui di jalan, sudah tidak menggunakan wiper jenis ini.

  • Wiper full frame

Keluaran terbaru kah mobilmu? Jika iya, kemungkinan besar wiper yang digunakan di mobilmu, yaitu jenis ini. Wiper ini dianggap lebih baik dari jenis lainnya, karena dengan bahan rangka yang terbuat dari besi, rangka wiper ini menjadi lebih kuat. Selain itu dengan bahan dasar rangka yang terbuat dari besi ini, akan membantu proses kerja wiper saat mengusap dan menghempaskan air yang mengalir di kaca depan mobilmu. Akan tetapi, kekurangan yang terdapat pada wiper jenis ini, yaitu karena bahan rangkanya besi, makan usahakan jangan sampai karet wiper mobilmu habis atau terlalu tipis, karena besi rangka sangat riskan tergesek dengan kaca. Akibatnya, akan menyisakan bekas goretan di kaca mobilmu.

  • Wiper flat blade

Sesuai dengan namanya, wiper ini mempunyai bentuk yang pipih dan ringan. Sebagian besar bagiannya terbuat dari karet. Meskipun mempunyai bobot yang ringan, wiper ini mempunyai daya kerja yang baik. Hal ini dikarenakan, adanya besi pipih yang diselipkan sehingga tetap kokoh saat bekerja.

 

  • Wiper Refill

Wiper jenis ini mempunyai kelebihan, yaitu sesuai dengan namanya yang artinya dapat diisi ulang. Jika karet pengusap yang menjadi salah satu bagian penting dari wiper ini habis, dapat digantikan dengan yang baru. Yang artinya pula jika kamu merupakan orang yang suka menghemat pengeluaran, maka jenis wiper ini cocok untuk kamu.

 

  • Wiper frame less

Wiper jenis ini sedikit berlawanan dengan wiper refill, karena jika bagian karet wiper ini telah habis atau sudah tidak efektif, maka kamu harus mengganti keseluruhan wiper mobilmu. Antara frame dan karet yang terdapat pada wiper ini menjadi satu kesatuan. Akan tetapi, kelebihan dari wiper ini, yaitu dapat meminimalisir terjadinya gores pada kaca mobilmu, karena wiper ini terbuat dari plastik.

 

Sudah menentukan mana wiper yang tepat sesuai dengan kendaraanmu? Jika iya, itu tandanya kamu sudah siap satu langkah untuk berkendara di musim hujan. Akan tetapi, kamu juga bisa lebih mempersiapkan diri dan kendaraanmu agar lebih aman dalam berkendara – baik itu di musim hujan atau di musim-musim lainnya – dengan membekalinya asuransi kendaraan yang tepat. RaksaOnline.com hadir untuk memenuhi kebutuhan asuransi mobil bagi kendaraanmu. Mau aman dan nyaman saat berkendara? Y