BAHAYA MENERJANG BANJIR TERHADAP MOBIL


Bahaya Menerjang Banjir Terhadap Mobil

Hujan yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya sejak malam pergantian tahun kemarin, menyebabkan banyak wilayah terdampak banjir. Banjir yang menerjang Jakarta tidak hanya mengepung pemukiman dan perumahan warga (terutama yang berada di dekat aliran sungai dan wilayah yang berada di dataran rendah), tetapi juga mengepung jalan. Mulai dari jalan protokol dan jalan strategis lainnya hingga jalan alternatif juga terkena dampaknya.

Lantas jika sudah mengepung jalan seperti ini, yang akan menjadi taruhannya tidak lain, yaitu kendaraan yang ditumpangi. Apalagi jika pengendara memaksakan diri untuk menerjang banjir karena satu dan lain alasan. Jika sudah seperti itu, maka kerusakan terhadap kendaraan sedang mengintai kendaraan yang bersangkutan. Kerusakan akibat dapat berakibat fatal, terutama jika kendaraan (mobil) tersebut tidak didesain untuk menerjang air.

Hal ini sudah dikatakan di atas dapat berakibat fatal karena berkaitan langsung dengan mesin mobil. Air yang menjadi menjadi penyebab dalam permasalahan ini, jika sudah masuk ke dalam mesin mobil dapat menyebabkan mesin mobil tidak berfungsi. Dengan kata lain mesin mobil akan mati karena masuknya air melalui saluran udara ke ruang pembakaran.

Istilah ini disebut juga dengan water hammer. Selain dapat menyebabkan mesin mobil tidak mau menyala, permasalahan ini juga dapat menyebabkan kerusakan pada piston dan silinder. Jika sudah seperti ini, maka pemilik kendaraan mau tidak mau harus merogok kocek dalam untuk melalukan perbaikan atas permasalahan ini. Terlebih jika pemilik kendaraan tidak memiliki asuransi kendaraan dengan perluasan banjir.

Perlunya perhitungan yang matang bagi pengendara jika hendak memutuskan untuk tetap menerjang banjir. Hal utama yang harus diperhitungkan, yaitu perbandingan antara tingginya air dengan posisi intake. Jangan sampai karena berniat untuk mempersingkat waktu tempuh, tapi harus mengorbankan hal lain yang dapat membawa kerugian lebih. 

Bijak dalam berkendara terutama saat kondisi banjir seperti ini, sama halnya dengan bijak menentukan asuransi mobil yang tepat untuk dipilih. RaksaOnline menjadi pilihan yang tepat. Beli asuransi kendaraan yang aman dan terpecaya? Ya, di raksaonline.com aja.