TETAP WASPADA DAN SIAGA, KARENA BANJIR MASIH MENGINTAI


Tetap Waspada dan Siaga, karena Banjir Masih Mengintai

Saat ini banjir yang melanda beberapa wilayah di Jabodetabek perlahan surut, meskipun masih menyisakan sampah dan endapan lumpur yang tidak mudah untuk dibersihkan. Banyak pemukiman dan kendaraan, serta fasilitas lainnya yang terdampak oleh bencana ini. Akan tetapi, dengan adanya bantuan dari banyak pihak, pemulihan pascabencana bisa lebih cepat dilakukan. Seakan rasa cemas tersebut masih ada, karena saat ini kita masih ada di musim hujan, dan potensi banjir kembali masih mengintai. Prinsip sedia payung sebelum hujan, patut digalakkan agar dampak yang kemungkinan kembali ditimbulkan tidak massive (dalam hal ini merupakan dampak banjir terhadap mobil). Kami telah merangkum beberapa hal tentang apa saja yang sebaiknya diperhatikan, terutama bagi pengendara dan pemilik mobil agar tidak terdampak banjir kembali.

 

Cari tahu batas aman mobilmu dalam menerjang genangan atau banjir

Tidak ada yang tahu pasti sebenarnya berapa ketinggian genangan atau banjir yang terdapat di suatu tempat. Akan tetapi, hal tersebut dapat diperkiran untuk memastikan aman atau tidak saat dilewati oleh mobilmu. Secara umum, batas aman untuk mobil dapat menerjang genangan atau banjir, yaitu sekitar 30 cm di bawah saluran udara (air intake). Jika genangan yang ada di depanmu kira-kira lebih dari batas itu, sebaiknya jangan memaksakan diri untuk tetap melintasinya. Selain itu ada pula yang mengatakan bahwa, batas aman mobil ketika melewati genangan atau banjir, yaitu sebatas sumbu roda, atau dengan kata lain posisi air sejajar dengan sumbu roda mobilmu.

 

Parkirkan mobilmu di tempat yang aman banjir

Ini merupakan salah satu alternatif cara mengamankan mobilmu dari banjir. Jika tempat tinggal atau daerahmu beraktivitas berpotensi terdampak banjir, tidak ada salahnya kamu memikirkan lokasi yang tepat untuk mengamankan mobilmu. Selalu terapkan rasa waspada dan siaga bencana, terutama banjir di musim penghujan seperti ini. Ini bertujuan untuk mengurangi risiko kerugian yang mungkin bisa kamu hadapi pascabencana.

 

Selalu update kondisi cuaca di lokasimu tinggal atau beraktivitas

Saat ini telah banyak aplikasi atau website yang memberikan infomasi terkini tentang cuaca di suatu tempat. Ini bisa kamu manfaatkan untuk melihat potensi hujan yang akan terjadi. Jika curah hujan tinggi dengan frekuensi yang cukup sering, bisa kamu jadikan patokan untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi, termasuk banjir. Dengan mengetahui potensi tersebut, kamu dapat mengamankan dan melakukan tindakan pencegahan, salah satunya mengamankan mobilmu ke tempat yang lebih aman.

 

Sudah punya perluasan banjir pada asuransi mobilmu?

Mempunyai asuransi kendaraan untuk mobilmu merupakan keputusan yang tepat, karena dapat menjaga keamanan dan kenyamananmu saat berkendara. Ditambah lagi di musim hujan seperti ini, bagi kamu yang sudah punya polis asuransi kendaraan (mobil), sudah ada kah perluasan banjir di dalamnya? Jika belum, tidak ada salahnya untuk menambahkan fitur ini, sebagai salah bentuk antisipasi ketika banjir datang kembali. Di asuransi mobil RaksaOnline tersedia perluasan banjir. Jadi, dengan melengkapi mobilmu dengan perluasan ini, maka akan lebih menjaga keamanan dan kenyamananmu dalam berkendara seperti saat ini.

 

Tidak ada satu pun di antara kita yang mau tekena bencana dan dampak-dampak yang ditimbulkannya. Akan tetapi, jika kita bisa mencegah potensi dari segala dampak yang ditimbulkan, bukan kah itu sesuatu yang bagus? Bukan hanya menjaga dan melindungi diri, jika kita bisa mengamankan harta benda kita sekaligus, mengapa tidak? Seperti sudah disinggung di atas, salah satu bentuk antisipasi dalam menghadapi banjir, yaitu dengan memiliki asuransi kendaraan dengan perluasan banjir di dalamnya. Dengan begitu, setidaknya salah satu aset pentingmu telah terlindungi.