MENGGOYANGKAN MOBIL SAAT ISI BAHAN BAKAR, SEBUAH KEBIASAAN YANG SIA-SIA


Menggoyangkan Mobil saat Isi Bahan Bakar, Sebuah Kebiasaan yang Sia-sia

Kebiasaan merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan secara berulang-ulang. Biasanya bersifat turun-temurun, baik itu kebiasaan yang benar, atau kebiasaan yang semestinya perlu mendapat perhatian kembali dan dipertanyakan: “apakah masih harus dilakukan?” Salah satu kebiasaan yang masih cukup sering ditemui, yaitu menggoyangkan mobil ketika mengisi bahan bakar. Kembali ke pertanyaan di atas, harus kah?

Kebiasaan ini ternyata mendapat cukup banyak perhatian dan atensi dari berbagai pihak, mulai dari Pertamina – selaku penyedia dan pengelola bahan bakar –, bengkel, hingga pihak produsen mobil. Berbagai pendapat dari pihak terkait yang mempunyai kewenangan untuk menjawab hal ini pun mengarah pada satu kesimpulan.

Paradigma yang tersebar di masyarakat akan hal ini, yaitu dengan menggoyangkan mobil akan membuat tangki bahan bakar lebih terisi penuh. Hal ini diperjelas lagi dengan adanya pendapat bahwa dengan menggoyangkan mobil, udara yang terdapat dalam tangki kendaraan dapat keluar saat dilakukan peggoyangan tersebut. Oleh karena paradigma tersebut, maka kebiasaan untuk menggoyangkan mobil masih eksis hingga saat ini. Tapi, tahu kah bahwa sebenarnya kebiasaan tersebut merupakan sebuah kesia-siaan?

Dikatakan sebagai sebuah kesia-siaan karena tanpa melakukan penggoyangan untuk mengeluarkan udara yang berada pada tangki tersebut, udara akan secara otomatis keluar. Hal ini karena tangki bahan bakar untuk mobil-mobil keluaran terkini telah dilengkapi dengan lubang, yang didesain sebagai jalan keluarnya udara saat pengisian bahan bakar berlangsung. Selain itu, mayoritas tangki bahan bakar pada mobil terkini didesain tanpa sekat, jadi bahan bakar yang mengalir ke tangki saat pengisian, akan langsung mengalir, tanpa terhalang sekat tersebut.

Di lain kesempatan, Pertamina sebagai salah satu pihak yang mempunyai kapasitas dalam menjawab hal ini, menambahkan bahwa selain hanya menjadi sebuah kesia-siaan, kebiasaan ini juga dapat menimbulkan potensi kebakaran. Adanya gesekan yang menghasilkan aliran listrik statis, akibat adanya pertemuan antara dua benda yang beda muatan, yaitu ujung nozzle besi dengan tangki yang menjadi penyebabnya. Selain itu, menggoyangkan mobil bepotensi menghasilkan penguapan pada bahan bakar, hal tersebut juga dapat menjadi pemicu terjadinya kebakaran.

Jadi, apa yang harus dilakukan saat melakukan pengisian bahan bakar? Setelah mengetahui bahwa kebiasaan tersebut merupakan kesia-siaan dan untuk menjaga keamanan, maka muncul lah himbauan. Himbauan untuk tetap diam dan tidak melakukan penggoyangan mobil lah yang direkomendasikan. Dengan begitu kita telah menerapkan salah satu prinsip aman dalam berkendara. Lebih dari itu, untuk lebih menjaga keamanan dan kenyamanan dalam berkendara, jangan lupa untuk melengkapi kendaraanmu dengan asuransi mobil yang tepat. RaksaOnline.com menjadi pilihannya. Dengan berbagai fitur dan penawaran yang disediakan, RaksaOnline merupakan sebuah pilihan yang tepat. Beli asuransi mobil? Ya, di RaksaOnline.com aja!