KOMPONEN DAN PERLENGKAPAN PENTING MOBIL UNTUK BERKENDARA (1)


Komponen dan Perlengkapan Penting Mobil untuk Berkendara (1)

Bagi banyak orang terutama yang mempunyai mobilitas tinggi, mereka akan lebih terbiasa menggunakan kendaraan pribadi dibanding mode transportasi umum. Alasan efisiensi waktu masih menjadi pertimbangan besar bagi mereka untuk tetap menggunakan kendaraan pribadi, yang dalam hal ini, yaitu antara mobil dan sepeda motor. Setiap jenis kendaraan mempunyai penanganan dan komponen penting masing-masing yang berbeda satu sama lain. Akan tetapi, secara umum ada hal yang semestinya diperhatikan oleh pengendara (yang dalam hal ini pengendara mobil) dalam memantau komponen dan perlengakapan penting dalam berkendara. Kami telah merangkum dari berbagai sumber tentang komponen penting mobil yang harus diperhatikan oleh pengendara dan pemilik mobil.

1.     Aki (sumber kelistrikan)

Aki mobil dapat dikatakan sebagai nyawa pertama mobil saat akan digunakan. Aki menjadi sumber pertama kelistrikan bagi mobil sebelum dikendarai. Mesin mobil yang digerakan melalui putaran dinamo memerlukan arus listrik untuk melalukan putaran pertamanya, dan putaran itu diberi asupan listrik dari aki. Tanpa adanya aki, mobil tidak bisa dinyalakan. Selain mesin, komponen lain yang memerlukan asupan listrik dari aki, yaitu sumber penerangan atau lampu. Oleh karena pentingnya komponen ini, sebaiknya pengendara dan pemilik mobil menjaga dan merawat benar-benar aki mobil. 

2.     Radiator

Radiator menjadi komponen penting kedua pada sebuah mobil. Ketika mobil sedang digunakan terutama jika digunakan dengan performa tinggi, maka akan terjadi pemanasan pada mobil. Untuk menjaga kestabilan suhu mobil, atau bahkan untuk menurunkan suhunya, maka di sini lah pernah radiator. Berfungsi sebagai pendingin, radiator menjadi komponen penting yang harus diperhatikan oleh pengendara dan pemilik mobil.  

Ada tiga jenis radiator yang dikenal saat ini, di antaranya sistem pendingin mobil dengan menggunakan oli, sistem pendingin mobil dengan menggunakan udara, dan sistem pendingin mobil dengan menggunakan air. Pengecekan dan pergantian radiator perlu dilakukan secara berkala dan teratur. Ini bertujuan untuk mengurangi risiko kerusakan yang bisa terjadi pada mesin mobil dan pada radiator itu sendiri. 

3.     Suspensi

Berada di antara kerangka badan dan roda mobil, suspensi berfungsi sebagai peredam guncangan dan getaran yang dialami saat berkendara, terutama jika berkendara di medan yang permukaannya curam, terjal, dan tidak rata. Suspensi mobil terdiri dari dua komponen penting, yaitu pegas dan shock absorber. Selain berfungsi sebagai peredam, suspensi juga berfungsi sebagai penguat cengkraman roda dengan jalan. Pentingnya suspensi ini, yaitu untuk menjaga kenyamanan saat berkendara.

4.     Transmisi

“Ke mana” mobil akan dibawa saat berkendara, di sinilah peran tuas transmisi bekerja. Maju atau mundur, diam atau melaju, hingga seberapa cepat percepatan yang dikehendaki oleh pengendara, semua diatur melalui tuas transmisi ini. Tuas transmisi terbagi menjadi dua, yaitu manual dan matik. Oleh karena perannya yang penting, maka pengendara dan pemilik mobil wajib menjaga performa transmisi dengan cara mengganti oli transmisi secara rutin. Tujuannya untuk memuluskan kinerja setiap komponennya. 

5.     Rem

Jika ada yang bertanya, apa fungsi rem mobil? Jawaban sebenarnya, yaitu untuk memperlambat laju mobil, bukan untuk menghentikan seketika mobil yang justru akan membahayakan pengendaranya. Jika komponen lainnya di atas lebih bertujuan untuk menjaga kenyamanan berkendara, lain halnya dengan rem mobil. Rem merupakan salah satu komponen keselamatan berkendara yang wajib diperhatikan oleh setiap pengendara dan pemilik mobil. Jika sudah muncul tanda-tanda seperti munculnya getaran, suara, dan bau di sekitar sistem pengereman, maka sudah saatnya bagi kamu untuk cek rem kendaraan segera.  

Lima komponen penting mobil di atas merupakan sesuatu yang harus diperhatikan oleh setiap pengendara dan pemilik mobil. Penting pula untuk mengetahui bagaimana cara merawatnya, dan bagaimana cara menjaga performanya. Tujuannya tidak lain untuk menjaga kenyamanan dan keamananmu dalam berkendara. Selain melengkapi kendaraanmu dengan lima komponen di atas, kamu juga bisa melengkapi momen berkendaramu dengan menambahkan asuransi mobil terbaik. Jika itu yang kamu cari, maka RaksaOnline.com merupakan jawabannya. Beli asuransi mobil? Ya, di RaksaOnline.com aja.